spot_img
Tuesday, June 25, 2024
spot_img

Tasyakur Kelulusan Angkatan 95 MI Almaarif 02 Singosari; Apresiasi Prestasi dan Pembentukan Karakter

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Madrasah Ibtidaiyah (MI) Almaarif 02 Singosari menggelar acara Tasyakur Kelulusan Angkatan 95 Siwa Kelas VI Tahun Ajaran 2023/2024 dengan penuh kemeriahan dan apresiasi prestasi siswa, Sabtu, (8/6) pagi ini.

Acara yang berlangsung di Gedung Auditorium H. Mahmud Yunus Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari ini tidak hanya sekedar seremonial kelulusan, tetapi juga merupakan momen untuk mengapresiasi 94 siswa yang selama belajar di Madrasah meraih berbagai prestasi.

Kepala MI Almaarif 02 Singosari, Muhammad Ishom, S.Pd, mengungkapkan rasa bangganya terhadap lulusan tahun ini yang meraih banyak prestasi. “Siswa lulusan tahun ini telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras yang luar biasa. Mereka tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan lomba-lomba yang diadakan baik di tingkat lokal maupun nasional,” ucap Ishom, Jumat (7/6).

Selain prestasi akademik dan non-akademik, salah satu hal yang menjadi kebanggaan tersendiri adalah keberhasilan siswa dalam program Bil Qolam yang diasuh secara langsung oleh Pesantren Ilmu Al Quran (PIQ) Singosari. Program tersebut merupakan upaya untuk memperdalam kemampuan membaca Alquran dengan metode Bil Qolam yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan tahsin dan tahfidz Alquran bagi siswa MI Almaarif 02 Singosari. Sehingga banyak siswa yang sudah khatam beberapa jilid, Tartil, surat-surat pendek hingga Tahfiz. Dan ini merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki oleh MI Almaarif 02 Singosari.

Selain itu, untuk membentuk karakter siswa, selama proses belajar di madrasah siswa diajarkan pembiasaan-pembiasaan akhlakul karimah dengan cara bersikap yang baik kepada orang tua, guru dan tetap menjaga adab (Attitude). “Kami berharap apa yang sudah didapatkan oleh siswa selama belajar di madrasah bisa diterapkan sehari-hari. Mereka sudah memiliki akhlakul karimah yang diperoleh selama di MI Almaarif 02 Singosari. Dan kami berharap mereka tetap belajar dan juga menghargai almamater dan hormat kepada kedua orang tua,” ujar Ishom.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua YP Almaarif Singosari, KH. Moh. Anas Noor, S.H., M.H. bahwa MI Almaarif 02 Singosari saat ini masih mendapat kepercayaan dari masyarakat. Sehingga MI Almaarif 02 Singosari meraih penghargaan dari Kemenag Kabupaten Malang sebagai Madrasah Ramah Anak (RMA)/

Ia juga menyebutkan, MI Almaarif 02 Singosari sebagai kesinambungan terhadap unit-unit di tingkatnya. Hal itu sudah dibuktikan oleh lulusan MA Almaarif Singosari tahun ini, yang juga alumni MI Almaarif 02 Singosari mendapatkan golden ticket dari Universitas Negeri Malang (UM) dan UIN Malang.

“MI Almaarif 02 Singosari merupakan cikal bakal dari yayasan. Maka konsentrasi yayasan harus betul-betul All Out untuk MI. Bagaimana madrasah ini memiliki unggulan-unggulan yang luar biasa. Dan kami pacu MI Almaarif 02 Singosari ada lompatan dan kemajuan untuk pendidikan anak-anak,” kata Anas.

Kegiatan Tasyakur kelulusan MI Almaarif 02 Singosari menjadi bukti nyata bahwa madrasah tidak hanya fokus pada pendidikan akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kemampuan spiritual siswa. Kegiatan ini juga memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi akademik dan nonakademik. (sir/hud/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img