spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Tekuk Vietnam 3-2, Irak Tutup Babak Grup Piala Asia 2023 dengan Sempurna

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Timnas Irak berhasil menutup laga babak grup Piala Asia 2023 Qatar dengan laju sempurna. Yaitu mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Rabu.

Gol-gol Irak dicetak oleh Robin Sulaka (47’) dan brace Aymen Hussein (73’, 90+12’). Sementara gol pasukan The Golden Star dicetak oleh Bui Hoang Viet Anh (42’) dan Nguyen Quang Hai (90+1’).

Irak yang sudah memastikan satu tempat di 16 besar sebelum partai melawan Vietnam merubah susunan 11 pemain terbaiknya di lapangan kecuali Rebin Solaka, tetapi hal ini tak merubah keperkasaan Singa Mesopotamia.

Terbukti, Zaid Tahseen membuka keunggulan bagi Irak pada menit ke-18. Namun, sayangnya gol itu tidak disahkan karena dianulir oleh Video Assistant Referee (VAR).

Setelahnya, justru Vietnam yang memecah kebuntuan terlebih dahulu ketika Bui Hoang Viet Anh mencetak gol pada menit ke-42 seusai memanfaatkan umpan Van Khang Khuat. Namun, keunggulan ini tidak terjaga dengan baik setelah sang pemberi assist Van Khang Khuat terkena kartu kuning kedua jelang babak pertama berakhir yaitu pada menit ke-45+4.

Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh Irak dimana pasukan Jesus Casas itu berhasil menyamakan kedudukan dua menit setelah babak kedua dimulai melalui Sulaka.

Memulai babak kedua dengan keunggulan pemain dan berhasil menyamakan kedudukan membuat Irak bermain semakin percaya diri.

Bintang kemenangan saat mengalahkan Jepang, Aymen Hussein kembali mencetak gol untuk membawa timnya berbalik unggul 2-1 pada menit ke-73. Sepuluh menit kemudian, sang striker mendapat kesempatan untuk melebarkan keunggulan saat ditunjuk menjadi algojo penalti. Namun, eksekusi striker 27 tahun itu masih digagalkan tiang gawang.

Vietnam sempat menyamakan skor menjadi 2-2 melalui pemain pengganti Nguyen Quang Hai pada menit ke-90+1. Namun, eksekusi penalti Hussein untuk kedua kalinya, kali ini tak disia-siakan oleh striker dengan tinggi badan 1,89 meter itu untuk mengakhiri laga dengan skor 3-2 untuk kemenangan Irak.

Kemenangan ini membuat Irak menyelesaikan babak grup, Grup D Piala Asia 2023 dengan laju sempurna 9 poin. Sementara itu, untuk Vietnam, kekalahan ini menjadi catatan kelam bagi mereka yang mengakhiri Piala Asia di posisi juru kunci dengan tanpa meraih poin dan selisih gol -4.

Susunan pemain kedua tim:
Irak: Ahmed Basil, Allan Omeer (Ibrahim Bayesh 67′), Zaid Tahseen, Robin Sulaka, Merchas Doski, Osama Rashid (Frans Dhia Putros 82′), Ahmad Allee (Aymen Hussein 46′), Montader Madjed (Youssef Amyn 58′), Zidane Iqbal, Bashar Resan (Ali Jasim Elaibi 46′), Ali Al-Hamadi
Pelatih: Jesus Casas

Vietnam: Filip Nguyen, Pham Xuan Manh (Vu Van Thanh 77′), Bui Hoang Viet Anh, Tuan Tai Phan, (Thanh Binh Nguyen 52′), Le Ngoc Bao (Do Duy Manh 77′), Vo Minh Trong, Hung Dung Do, Nguyen Tuan Anh (Nguyen Quang Hai 52′), Thai Son Nguyen, Dinh Bac Nguyen (Nguyen Van Toan 46′), Van Khang Khuat
Pelatih: Phillipe Troussier. (ntr/nug)

Klasemen akhir Grup D Piala Asia 2023 Qatar:

NoNegaraMainMenangSeriKalahPoinGolKemasukanSelisih Gol
1.Irak33009844
2.Jepang32016853
3.Indonesia3102336-3
4.Vietnam3003048-4
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img