spot_img
spot_img

1170 Anggota PPS Kabupaten Malang Dilantik

Malang Posco Media, Malang– Sebanyak 1.170 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Malang untuk Pemilu 2024 dilantik, Selasa (24/1). Mereka berasal dari 390 desa dan kelurahan se Kabupaten Malang. Mereka dilantik Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini, dan dihadiri seluruh komisioner KPU Kabupaten Malang, Wakil Bupati Malang Drs H Didik Gatot Subroto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang Sodikul Amin, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Muhammad Arbayanto.

Pelantikan anggota PPS ini juga dihadiri seluruh anggota PPK se Kabupaten Malang, Muspika se Kabupaten Malang, serta kepala desa dan lurah se Kabupaten Malang. Selain pelantikan para anggota PPS juga mengucapkan sumpah dan janji, sekaligus melakukan penandatanganan pakta integritas.

Dalam sambutannya, Anis mengatakan pelantikan dan pengucapan sumpah/janji ini merupakan tonggak awal kerja para anggota PPS. “Pelantikan dan pengucapan sumpah/ janji yang dilakukan ini merupakan amanah sesuai pasal 73 Undang-Undang no 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Sebelum melaksanakan tugas para anggota PPS wajib dilantik dan mengucapkan sumpah dan janji,’’ katanya.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini
1170 Anggota PPS Kabupaten Malang Dilantik | Berita Malang Hari Ini | Berita Malang Raya, Aremania, Aremanita | WhatsApp Image 2023 01 24 at 19.52.25
PELANTIKAN: Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini, Komisioner KPU Kabupaten Malang, Wakil Bupati Malang Drs H. Didik Gatot Subroto, dan para undangan foto bersama seluruh anggota PPS se Kabupaten Malang yang dilantik kemarin.(IRA RAVIKA/MPM)

Anis menguraikan para anggota PPS yang dilantik memiliki masa kerja selama 14 bulan, terhitung 24 Januari 2023 sampai dengan 4 April 2024 mendatang. “Setelah pelantikan, para anggota PPS langsung bekerja. Mereka akan melakukan coklit (pencocokan dan penelitian data pemilih),’’ tambahnya.

Coklit merupakan salah satu kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP/Pantarlih) dengan menemui pemilih secara langsung dari rumah ke rumah.

Secara prinsip, lanjut Anis, KPU Kabupaten Malang siap menggelar Pemilu 2024. “KPU Kabupaten Malang siap menggelar Pemilu 2024,’’ tegasnya.

Anis mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Dia berharap dengan sinergi yang terjalin selama ini, bisa mensukseskan Pemilu 2024 dan tidak terkendala apapun.

Sementara Wakil Bupati Malang Drs H Didik Gatot Subroto, yang hadir saat pelantikan banyak memberikan pesan kepada anggota PPS yang dilantik. Salah satunya adalah sebagai Adhoc anggota PPS harus melaksanakan tahapan pemilu dengan integritas tinggi.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini

Didik juga menyampaikan pesan kepada seluruh kepala desa, lurah maupun camat se Kabupaten Malang untuk membantu para anggota PPS. Terutama dalam pendataan daftar pemilih. “Ini juga pesan kepada kepala desa/lurah, agar menyiapkan tempat atau sekretariat untuk para anggota PPS, demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,’’ urainya.

Didik mengatakan Pemkab Malang akan memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan kepada para anggota PPS, PPK, dan seluruh anggota KPU Kabupaten Malang. Fasilitas kesehatan ini, diberikan berkaca pada pemilu sebelumnya. Dimana banyak penyelenggara yang ‘tumbang’ karena tenaganya terforsir. “Jadi nanti sebelum pelaksanaan, para anggota PPS, PPK, dan anggota KPU serta sekretariat wajib memeriksakan kesehatannya. Sehingga saat pelaksanaan, kondisi tubuhnya sehat dan fit,’’ tandasnya. (ira/udi)

BERITA LAINNYA