spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

8 Pejabat Dilantik, DPRD Minta Segera Isi 2 Kursi JPTP Kosong

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Delapan pejabat eselon II Pemkot Batu dirotasi Jumat (1/12) lalu di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu. Rotasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemkot Batu tersebut dipimpin langsung oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Delapan pejabat yang dirotasi diantaranya Kepala BKAD yang sebelumnya dijabat oleh M. Chori digantikan oleh Eny Rachyuningsih. Sedangkan Eny yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu digantikan oleh M. Chori.

Selanjutnya Kepala Diskoperindag Kota Batu yang dijabat oleh Eko Suhartono digantikan oleh Aries Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala DLH. Untuk DLH Kota Batu diisi ole Muji Dwi Leksono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala DPMPTSP.  Kemudian kursi Kepala Diskoperindag Kota Batu digantikan oleh Aries Setiawan.

Sedangkan untuk Kepala DPMPTSP yang ditinggalkan oleh Muji digantikan oleh Kepala Dispenda Pemkot Batu Dyah Lies Tina. Dispenda sendiri diisi oleh M Nur Adhim yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BKPSDM Kota Batu. Kemudian untuk Supriyanto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kebakaran dilantik sebagai Staf Ahli dan Eko Suhartono dilantik sebagai Asisten Administrasi Umum.

Dengan adanya rotasi pimpinan enam Kepala Dinas tersebut diketahui ada beberapa kursi yang kosong. Diantaranya BKPSDM dan Dinas Pemadam Kebakaran. Kemudian untuk Satpol PP dan Dishub tinggal menunggu surat dari KASN setelah dilakukan rangkaian open bidding atau lelang jabatan.

Usai pelantikan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai berpesan agar pejabat Pemerintah Kota Batu untuk ikhlas dalam menjalankan amanah, selalu disiplin dan memotivasi diri dalam mengembangkan diri dan organisasi. Ketiganya merupakan kunci, agar lebih ringan dalam melaksanakan amanah dimanapun berada.

“Amanah apapun yang kita terima tidak mudah dan semua adalah berat. Namun amanah ini akan terasa ringan jika kita menjalankan dengan ikhlas, tidak memandang apapun dalam bekerja. Selain itu juga disiplin dan motivasi sangat penting sehingga amanah apapun tidak dapat disepelekan, karena tanggung jawabnya dunia dan akhirat,” tegas Aries.

Pj Aries menyampaikan ucapan selamat kepada delapan pejabat yang dilantik. Pihaknya berharap pejabat yang baru dilantik dapat segera menyelesaikan tugasnya di Tahun 2023 meski tinggal satu bulan.

“Gunakan mata hati dan jasmani kita untuk menyelesaikan permasalahan di Tahun 2023 sampai selesai meski waktu kurang dari satu bulan. Namun demikian, tidak boleh lepas tanggung jawab terhadap pada organisasi asalnya,” pesannya.

Dengan adanya pelantikan tersebut Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Nurochman juga mengingatkan agar pejabat eselon II yang dilantik bisa segera menjalankan tugasnya dengan baik. Terlebih sisa triwulan IV tinggal sebulan lagi.

“Kami melihat kalau Kepala Dinas yang dirotasi memegang peran penting. Utamanya dalam realisasi APBD dan PAD 2023 seperti Bapenda yang harus bisa memaksimalkan potensi PAD di akhir tahun,” papar Cak Nur sapaan akrabnya kepada Malang Posco Media Minggu (3/12) kemarin. 

Selain itu BKAD juga mendapat perhatian Cak Nur agar memastikan pendataan aset-aset Pemkot Batu. Serta Diskoperindag yang harus segera melakukan penataan atau pengelolaan Pasar Induk Among Tani Batu seperti sampah pasar, retribusi lapak hingga retribusi parkir.

Serta untuk DLH juga memiliki PR besar. Yaitu bagaimana menyelesaikan permasalahan dan pengelolaan TPA Tlekung dan melanjutkan kesuksesan pola baru pilah sampah dari rumah yang berakhir di TPST3R tingkat Desa/Kelurahan.

“Sebaiknya Pj Walikota menghindari kekosongan jabatan dengan hanya di isi oleh plt. Karena pasti tidak akan bisa kerja maksimal apalagi bisa melakukan akselerasi dalam memimpin OPD,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa rotasi kepada delapan Kepala Dinas di lingkungan Pemkot Batu merupakan hasil evaluasi selama triwulan I dan II tahun 2023. Hingga berita dinaikkan rotasi atau pelantikan delapan Kepala OPD tersebut masih berlangsung. Pada pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD dan Camat di LIngkungan Pemerintah Kota Batu. (eri/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img