spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Dukung Pembangunan Empat Kampus Ternama

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Pemkab Siapkan Aset Lahan untuk SDM Unggul 

MALANG POSCO MEDIA, MALANG-Kabar mengenai kerja sama merapatnya empat perguruan tinggi ke Kabupaten Malang diseriusi Pemerintah. Diproyeksikan, dukungan SDM unggul akan didukung oleh keberadaan kampus. Selain itu juga diproyeksikan menggerakkan ekonomi sekitarnya.

- Advertisement -

Sebelumnya, sebanyak empat Perguruan Tinggi di Kota Malang rencananya akan merapat dan membangun kampusnya di Kabupaten Malang. Keempat PT tersebut kabarnya adalah Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Islam Malang (UNISMA) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, menyampaikan rencana tersebut bagian dari sinergi Pemerintah Kabupaten Malang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Pemerintah Pusat untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul di Bumi Kanjuruhan.

Tomie menyebut, rencana tersebut juga masuk dalam salah satu poin yang dibahas dalam penyesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Malang.

“Yang dikatakan hampir mendekati pasti adalah Universitas Brawijaya, UIN, UNISMA serta UMM juga,” terang Tomie saat dikonfirmasi, Kamis (5/5).

Tomie menjelaskan bahwa rencana tersebut adalah bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Dimana hal tersebut perlu disinergikan dengan sejumlah pihak. Termasuk bagi kalangan Perguruan Tinggi.

Penciptaan SDM unggul dinilainya sebagai salah satunya penguatan dari sisi pendidikan, sesuai stratanya. Baik dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

“Sehingga, sudah sewajarnya jika pihak Perguruan Tinggi bisa berperan atau berkontribusi langsung pada pembangunan suatu daerah termasuk di Kabupaten Malang,” katanya. Apalagi, sambung Tomie, perguruan tinggi di Kabupaten Malang ada yang berafiliasi secata global dan bertaraf nasional.

“Artinya, kita membuka kesempatan bagaimana perguruan tinggi bisa secara langsung berkontribusi ke Kabupaten Malang. Dalam bentuk apa, kami beri ruang untuk bisa beraktifitas secara langsung. Tidak hanya sekadar menghadirkan dosen, tapi melakukan pembangunan kampus di Kabupaten Malang,”

Menuju pada rencana yang serius tersebut, Pemkab Malang juga melakukan persiapan. Salah satunya yakni dengan menyiapkan aset daerah yang dimiliki berupa lahan yang kemungkinan dijadikan bangunan bagi kampus-kampus tersebut.

Tomie menuturkan, keberadaan aset Pemkab Malang tersebut memiliki potensi untuk bisa dikembangkan lebih optimal. Salah satunya dengan membangun perguruan tinggi. Dari keempat PT tersebut, Universitas yang telah berkomitmen untuk mengembangkan kampusnya di Kabupaten Malang adalah UB.

Tomie menjelaskan, dalam hal ini bentuk sinergitas dari Pemkab Malang untuk merealisasikan rencana itu adalah dengan menyediakan lahan bagi PT tersebut. Lebih tepatnya, menghibahkan sebagian aset lahannya untuk dapat dikembangkan menjadi sebuah PT.

“Kalau sudah dibangun, memanfaatkan, kita menghibahkan aset ke kampus. Itu kan boleh dan dibenarkan, menghibahkan kepada pemerintah pusat atau Pemprov (Jawa Timur). Sedangkan untuk PT dalam hal ini kewenangan dari Kemenristek Dikti. Sehingga nanti bisa memberikan arti, tidak hanya bagaimana menguatkan SDM unggul,” pungkas Tomie.(tyo/ggs)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img