spot_img
Sunday, October 20, 2024
spot_img

Target Pemasangan PJU Segera Tuntas

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang memastikan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU ) di Kabupaten Malang tuntas dalam bulan Oktober 2023. Target pemasangan PJU di 500 titik, sudah mencapai 400 titik. “Kami kebut di titik-titik yang sudah direncanakan,” kata Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Khairul Isnaidi Kusuma.

Kepada Malang Posco Media, dia mengatakan pekerjaan pemasangan PJU ini merupakan program Pemkab Malang untuk memberikan kenyamanan kepada para pengendara, terutama di malam hari. “Jalan jadi terang, pengendara pun nyaman. PJU juga upaya untuk menekan terjadi kecelakaan lalu lintas,” katanya.

- Advertisement -

Pak Ong, sapaan Khairul Isnaidi Kusuma tersebut, tidak menampik jika 500 titik target pemasangan tahun ini belum bisa mengcover seluruh jalan-jalan yang ada di Kabupaten Malang karena anggaran untuk pengadaan dan pemasangan PJU cukup minim. Tahun ini, Dinas PU Bina Marga hanya mendapatkan anggaran Rp 6 miliar.

“Pemasangan PJU pun disesuaikan. Dengan prioritas wilayah perbatasan dan  jalan-jalan menuju akses wisata. Untuk pemetaannya sudah direncanakan tahun lalu. Sebelum saya menjabat Kepala Dinas PU Bina Marga. Sekarang, tinggal melanjutkan saja, mengikuti perencanaan yang sudah dibuat,” ungkapnya.

Pria ini berjanji tahun depan akan menganggarkan lagi untuk pengadaan dan pemasangan PJU di Kabupaten Malang. Dia berharap seluruh jalan di Kabupaten Malang nanti tidak ada yang gelap di saat malam hari. “Sudah banyak usulan disampaikan warga kepada kami. Baik melalui Musrenbang maupun Pokir dewan,” terangnya.

“Kalau diperkirakan, pengadaan PJU butuh untuk 500 titik lagi,” ungkapnya. Termasuk untuk PJU yang rusak, dikatakan dia, sudah dilakukan pemeliharaan. “Untuk biaya pemeliharaan PJU-PJU yang rusak saja sudah memakan anggaran sekitar Rp 1 miliar tahun ini,” papar ujar mantan Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Malang itu.  

Bahkan, kini dia meminta seluruh petugas di UPT Bina Marga untuk melakukan patroli PJU. “Untuk melihat apakah semua PJU menyala atau tidak. Begitu ada PJU mati, harus segera dilaporkan untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Sehingga tidak ada lagi, jalan-jalan di Kabupaten Malang gelap di malam hari,” tutupnya. (ira/mar)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img