spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

GEMASTIK XV

Ajang Asah Softskill Mahasiswa Bidang TIK

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) kembali digelar. Even nasional yang menjadi program dari Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemendikbud Ristek) tahun 2022 bekerja sama dengan Universitas Brawijaya (UB) dilaksanakan sejak Selasa (22/11) hingga Jumat (25/11).

“Gemastik XV ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia. Sehingga dapat mengambil peran dalam memajukan teknologi, informasi dan komunikasi, serta pemanfaatannya ketika masih masa studi maupun kelak setelah selesai masa studi,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB, Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si.

Menurutnya, kompetisi ini digelar untuk meningkatkan semangat mahasiswa di era revolusi industri 4.0. Untuk berkompetisi dan berinovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada. Lomba Gemastik itu menuntut wawasan mahasiswa untuk berwawasan luas dalam bidang teknologi informasi dan ilmu digitalisasi.

mahasiswa
SAMBUTAN: Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB, Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si. memberikan sambutan dalam ajang Gemastik XV di kampus UB Malang.

“Kemampuan softskill yang baik akan meningkatkan kreativitas siswa dalam berinovasi. Sedangkan komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerjasama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa,” ungkapnya.

Dengan tema “TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” terbagi atas 11 divisi dengan format pertandingan atau kompetisi karya. Dimana divisi 1 sampai divisi 3 akan dilaksanakan secara luring di UB, sedangkan sisanya dilaksanakan secara online atau daring. “Tiga divisi yang dilaksanakan secara offline adalah pemrograman, keamanan cyber serta penambangan data,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Plt. Pusat Prestasi Nasional dan Kepala Balai Pengembangan Talenta, Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si mengucapkan terimakasih kepada UB yang telah menjadi tuan rumah dalam ajang Gemastik XV. “Selamat datang dan selamat bertanding kepada 224 finalis sobat prestasi dari persaingan 2277 Tim yang telah mengikuti seleksi dari Gemastik XV tahun ini,” ungkapnya.

Gemastik menjadi salah satu ajang talenta yang banyak diminati dan selalu banyak pesertanya. Hal ini menunjukan bahwa seluruh mahasiswa tidak patah semangat meskipun di masa pandemi untuk terus berprestasi. Kita meyakini bidang TIK menjadi bidang yang harus bisa dikuasai oleh generasi muda saat ini.

“Bidang TIK menjadi salah satu bidang yang banyak mewarnai kehidupan kita saat ini hingga masa yang akan datang. Kita berharap melalui pagelaran ini dapat menumbuhkan semangat kemerdekaan belajar dan berinovasi dalam menghadapi tantangan industri yang akan datang,” paparnya. (mp1/udi)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img