spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Bupati Sanusi Panen Raya Ikan Nila

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan)  Mina Makmur Wisata Krabyakan, Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang, Selasa (29/8) pagi melakukan panen raya ikan nila. Panen tersebut dihadiri langsung Bupati Malang, HM Sanusi.

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang Hj Anis Zaidah Sanusi, orang nomor satu di Pemkab Malang ini juga ikut memanen. Membawa alat penangkap ikan, Sanusi sangat bersemangat. Lebih-lebih saat alat penangkap ikan diangkat, dan banyak ikan yang diperoleh.

“Ini luar biasa. Panen perdana tapi ikannya besar-besar. Ini bukti bahwa masyarakat berhasil membudidayakan ikan konsumsi dengan baik,” kata Sanusi. Dia pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pokdakan Mina Makmur yang sukses membudidaya ikan, sehingga hasil panen ikan nila sangat bagus.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang ini juga berharap Pokdakan Mina Makmur terus menjaga semangat kebersamaan dengan meningkatkan kualitas juga kuantitas budidaya ikan air tawar di Kabupaten Malang. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring menyebutkan Kabupaten Malang merupakan salah satu kawasan penyangga swasembada pangan di Jatim. 

Tidak terkecuali pada sektor perikanan air tawar. Dari data yang dimiliki, total produksi ikan air tawar pada tahun 2022 mencapai 10.415,74 ton dengan total panen pada komoditas ikan nila sebesar 4.614,04 ton. Sedangkan sampai pada bulan Juli tahun 2023, total produksi ikan air tawar mencapai 6.122,06 ton dengan hasil panen komoditas ikan nila sebanyak 2.745,80 ton.

“Selain konsentrasi terhadap peningkatan produksi ikan air laut kami juga konsentrasi pada peningkatan produksi ikan air tawar. Ini salah satu buktinya. Kami melakukan panen raya ikan nila di Pokdakan Mina Makmur,” katanya. Victor mengaku, selain meningkatkan produksi ikan air tawar, ini sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian warga.

Karena dalam mengelola budidaya ikan air tawar ada lapangan pekerjaan yang tercipta. “Pokdakan Mina Makmur telah membuktikan komitmennya dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah,’’ tambahnya. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img