spot_img
Monday, June 17, 2024
spot_img

Demokrat  Kota Malang Segera Buka Pendaftaran Wali Kota

Berita Lainnya

Berita Terbaru

H Gunawan Ambil Formulir di PDIP Kabupaten Malang 

MALANG POSCO MEDIA-Partai politik (parpol) di Malang Raya masih terus siapkan penjaringan calon kepala daerah. Di Kota Malang, Partai Demokrat (PD)  pastikan segera buka pendaftaran. Di Kabupaten Malang, PDI Perjuangan mencatat seorang pengambil formulir. 

PD Kota Malang rencananya buka pendaftaran calon kepala daerah di Bulan Mei ini. Sebagai partai yang memenangkan Pilkada Kota Malang 5 tahun lalu, PD masih terkesan santai.

Bahkan sosok yang akan dijaring dari internal belum muncul. Saat ini yang masih mencuat hanya nama Sutiaji, mantan Wali Kota Malang sebelumnya.

“Saat ini kami masih menunggu perintah dari DPP. Kemungkinan pertengahan Mei kami buka pendaftaran terbuka,” jelas Ketua PD Kota Malang H Imron saat dikonfimasi Malang Posco Media, Jumat (3/5) kemarin. 

Sementara itu figure internal yang muncul selain kadernya sendiri Sutiaji, belum muncul. Dikatakan Imron hal ini juga masih menjadi pembahasan khusus internal yang belum dapat dipublikasikan secara gamblang.

Pasalnya masih ada komunikasi politik intens dengan parpol lain yang harus dibangun sedini mungkin. Guna kebutuhan koalisi.

“Kalau itu (sosok internal yang terjaring) masih belum. Nanti saja yang jelas kader-kader internal yang potensial pasti dipertimbangkan,” pungkas Imron.

Di Kabupaten Malang, pendaftaran di DPC PDI  Perjuangan tercatat seorang pengambil formulir. Sejak pendaftaran dibuka 1 Mei 2024 lalu sampai kemarin, baru satu orang yang mengambil formulir. Yakni H Gunawan, warga Gondanglegi.

“Kami buka pendaftaran mulai tiga hari lalu. Tepatnya 1 Mei 2024. Pendaftaran kami buka dua sesi. Sesi pertama tanggal 1-6 Mei 2024 yaitu pengambilan formulir. Sedangkan sesi kedua tanggal 7-8 Mei 2024 untuk pengembalian formulir,’’ kata Wakil Ketua Tim V DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Abdul Qodir.

Dia menegaskan seseorang dinyatakan mendaftar jika sudah mengembalikan formulir.  “Sampai dengan sore ini (kemarin) baru satu orang yang sudah mengambil formulir, yaitu bapak Haji Gunawan, Gondanglegi,’’ ujarnya.

Dia mengatakan pengambilan formulir pendaftaran H Gunawan ini diwakili Poros Perjuangan yang diketuai Sugianto (Ketua PAC PDI Perjuangan Pakisaji) dan wakilnya Suyanto Ketua PAC Kepanjen.

Menurut Adeng, sapaan akrab Abdul Qodir,  pengambilan formulir memang dapat diwakilkan. Sedangkan saat pengembalian berkas dokumen persyaratan pendaftaran maka calon wajib datang sendiri. “Boleh diwakilkan, tapi dengan surat kuasa. Tapi harus digaris bawahi calon yang mewakilkan pengembalian berkasnya akan mendapatkan catatan tersendiri dari Tim V yang menangani pendaftaran ini,’’ tambahnya.

Adeng mengatakan bahwa pendaftaran calon bupati dan wakil Bupati Malang adalah salah satu upaya PDI Perjuangan  Kabupaten Malang untuk memberikan kesempatan baik dari kader internal partai   maupun masyarakat umum yang memiliki kompetensi untuk menjadi pemimpin.

“Baik kader internal, maupun warga lainnya boleh mendaftar. Pendaftaran ini terbuka, dan gratis tidak ada mahar sama sekali,’’ ucapnya. (ica/ira/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img