spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Gas Delapan Program Prioritas 2024

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Hari Ini Penyerahan SK Perpanjangan Jabatan Pj Wali Kota Batu

MALANG POSCO MEDIA- Aries Agung Paewai dipastikan kembali melanjutkan kepemimpinannya di Pemkot Batu. Penyerahan SK sebagai Pj Wali Kota Batu dijadwalkan dilakukan Kamis (18/1) hari ini. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim ini kembali mengemban tugas dan mengawal program-program prioritas yang tertuang dalam APBD Kota Batu tahun 2024.

Aries menjelaskan selama setahun ke depan, Pemkot Batu telah memiliki rencana program yang akan direalisasikan. Program-program tersebut telah disesuaikan dengan tema rencana kerja Pemerintah Tahun 2024. Yaitu ‘Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan’.

“Untuk program dan kegiatan prioritas pembangunan Kota Batu dalam APBD 2024 akan diarahkan pada delapan bidang. Di antaranya penghapusan kemiskinan ekstrem dan penurunan tingkat pengangguran melalui beberapa kegiatan,” ujar Aries kepada Malang Posco Media.

Dalam mendukung penghapusan kemiskinan ekstrem dan penurunan tingkat pengangguran, beberapa kegiatan yang dilaksanakan meliputi bedah rumah pemberian, insentif lansia, BLT bagi KPM, bantuan beras bagi warga tidak mampu hingga penyelenggaraan bursa kerja.

“Selanjutnya untuk penurunan stunting dan kualitas kesehatan melalui kegiatan seperti penguatan intervensi stunting. Serta pembayaran JKN-PBID bagi seluruh warga Batu,” bebernya.

Kemudian untuk pengendalian inflasi, pihaknya akan mengawal realiasi pemberian BLT kepada masyarakat rentan yang terdaftar dalam DTKS. Selain itu juga akan dilaksanakan operasi pasar murah dan pangan murah serta sidak berkala pada agen dan distributor sembako.

“Kami juga akan mendorong peningkatan investasi melalui kegiatan optimalisasi MPP digital, khusus investasi yang masuk ke Kota Batu harus menjaga lingkungan. Kami juga akan memanfaatkan PLUT untuk mendorong pelaku UKM Kota Batu naik kelas,” paparnya.

Tidak berhenti di situ, pembangunan kawasan industri kerajinan kayu Junrejo dilaksanakan tahun ini. Program kelima akan dilakukan penguatan kualitas Sumber Daya Manusia

melalui kegiatan beasiswa pendidikan dan subsidi angkutan

umum bagi siswa.

“Kemudian pembangunan infrastruktur lewat kegiatan pemeliharaan Pedestrian Jalan Sultan Agung, Jalan Dewi Sartika, Jalan Panglima Sudirman dan Jalan WR. Supratman. Serta melanjutkan pembangunan peningkatan Jalan Bromo – Semeru, juga rehabilitasi kawasan Alun-Alun Kota Batu,” paparnya.

Pemkot Batu pun melakukan peningkatan nilai tambah Sumber Daya Alam (SDA) melalui pembangunan Ekoriparian dan IPAL Komunal, melanjutkan pengelolaan sampah baik

di kawasan perkotaan maupun di tingkat desa/kelurahan.

“Yang terakhir Pemkot Batu akan mengawal dan mensukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Serta menyiapkan dana hibah kepada KPU, Bawaslu Kota Batu, hibah dukungan aparat kemanan dan hibah Parpol,” ungkapnya.

Sementara itu untuk masa jabatan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai akan berakhir pada 19 Januari 2024. Sesuai aturan apakah jabatan Pj akan diperpanjang atau tidak oleh Presiden didasarkan dari evaluasi kinerja dari Tim Evaluator Kemendagri selama satu tahun menjabat.

Dari hasil evaluasi selama tahun 2023 Tim Evaluator Kemendagri menilai kinerja Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai sangat baik. Selain itu, DPRD Kota Batu juga menilai kinerja Aries sebagai Pj Wali Kota Batu sangat bagus selama memimpin Kota Batu tahun 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, Drs Onny Ardianto menyebutkan penyerahan  Keputusan Menteri Dalam Negeri RI tentang Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Masa Jabatan Pj Wali Kota Batu direncanakan dilakukan Gubernur Jawa Timur, Kamis (18/1) hari ini pukul 09.00 WIB di Gedung Grahadi, Surabaya. (eri/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img