spot_img
Saturday, June 22, 2024
spot_img

Gempa Susulan di Tuban Semakin Kencang, Terasa Hingga ke Kota Malang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Usai gempa pertama di Tuban Jawa Timur pada Jumat (22/3) siang pukul 11.22 WIB berkekuatan magnitudo (M) 6,1, gempa susulan terjadi sore ini pukul 15:52 WIB. Seperti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terasa lebih kencang dari sebelumnya yaitu berkekuatan M 6,5, terasa hingga ke Kota Malang.

“#Gempa Magnitudo: 6.5, Kedalaman: 10 km, 22 Mar 2024 15:52:58 WIB, Koordinat: 5.76 LS-112.33 BT (130 km TimurLaut TUBAN-JATIM), Tidak berpotensi tsunami #BMKG” demikian informasi dari akun X resmi BMKG, Jumat (22/3) sore.

Pusat gempa susulan ini sama seperti gempa sebelumnya yang juga berada pada kedalaman 10 Km. Lokasi juga hamper sama yaitu pusat gempa berada di koordinat 5,74 LS-112,32 BT atau 132 km timur laut Tuban.

“Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis BMKG.

Begitu kencangnya getaran gempa yang sampai di Malang, membuat beberapa warga di Kawasan Sawojajar keluar rumah. Termasuk karyawan Malang Posco Media merasakan gempa tersebut di Rumah Kita, sebutan untuk kantor Malang Posco Media.

Tidak hanya di Malang, beberapa wilayah di Jawa Timur dan Jawa Tengah juga merasakan gempa M 6,5 tersebut. Diketahui dari beberapa komentar netizen di akun X BMKG usai postingan gempa kedua di Tuban yang lebih terasa ini.

“Gempa kerasa bgt di Solo,” komentar Valisa. “Di Semarang jg kerasa banget,” tulis Mozeya. “Kerasa sampai Jepara 2 kali,” lanjut Jasa Gestun.

Sementara informasi di beberapa grup Whatsapp, gempa susulan di Tuban ini terasa cukup kuat di Surabaya, hingga terasa juga di Madiun. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui data kerusakan akibat gempa Tuban. (bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img