spot_img
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Hari Terakhir, KPU Terima Satu Laporan Masyarakat Terkait DCS

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU- Tanggapan dan masukan masyarakat terkait pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) DPRD Kota Batu dalam Pemilu 2024 dibuka oleh KPU Kota Batu mulai 19 Agustus sampai hari terakhir pukul 15.00 WIB, 28 Agustus kemarin, masih ada satu tanggapan masyarakat yang masuk.

“Sampai pukul 15.00 WIB Senin (28/8) ini masih tetap ada satu tanggapan masyarakat terkait pengumuman DCS yang masuk ke KPU Kota Batu. Kami masih akan menunggu sampai pukul 23.59 WIB, apakah ada tanggapan masyarakat yang masuk atau tidak,” ujar Anggota KPU Kota Batu Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Erfanuddin, Senin (28/8) kemarin.

- Advertisement -

Disampaikan Erfanuddin, satu laporan atau tanggapan yang masuk dari masyarakat karena ada DCS yang mengundurkan diri dari calon anggota dewan. Setelah masa tanggapan dan masukan DCS ditutup, pihaknya akan sampaikan tanggapan tersebut ke Parpol yang bersangkutan. Kemudian parpol akan melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan.

“Laporan yang disampaikan kami tidak bisa sampaikan keluar siapa yang dilaporkan. Jadi hanya ke Parpol saja. Tapi yang jelas laporan terkait adanya calon yang mengundurkan diri. Namun kalau yang bersangkutan memperbolehkan akan kami sampaikan. Ini juga sesuai dengan PKPU,” bebernya.

Setelah dilakukan klarifikasi terkait tanggapan oleh masyarakat pada hari ini (29/8), selanjutnya disampaikan ke Parpol untuk klarifikasi mulai 1-8 September. Parpol harus memanfaatkan kesempatan tersebut dengan maksimal.

“Artinya Parpol harus memberikan klarifikasi atas tanggapan masyarakat terhadap DCS tersebut. Jika pada waktu tersebut tidak ada klarifikasi atau tanggapan dari Parpol maka laporan tersebut dianggap benar dan secara tidak langsung yang bersangkutan berstatus Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau dicoret,” tambahnya.

Lebih lanjut, ketika nantinya DCS dinyatakan TMS maka Parpol yang bersangkutan bisa mengganti DCS dengan yang baru selam masa klarifikasi. Yang terpenting pengganti DCS tersebut telah memenuhi persyaratan administrasi. (eri)

- Advertisement - Pengumuman
- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img