spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Jembatan Pelor Keropos, PUPR Sebut Aman

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Beberapa waktu lalu ramai dibicarakan beberapa bagian rangka besi Jembatan Pelor Kelurahaan Samaan terlihat keropos. Terlihat di beberapa bagian rangka besinya berlubang. Di bagian lain, persendian rangka besi juga terlihat tidak rapat hampir memperlihatkan jarak seperti berlubang.

Salah satu warga, Bambang Tri, mengatakan memang melihat beberapa rangka besi yang terlihat tidak rapat. “Ndak tahu mulai kapan, memang agak lubang-lubang ya. Tapi masih aman saja dilewati. Tapi ya takut juga lihatnya,” kata warga Kelurahan Samaan saat dimintai tanggapan Jumat (19/8) kemarin.

Jembatan Pelor

Sebelumnya, Jembatan Pelor yang mengubungkan kawasan Kelurahan Oro-Oro Dowo dengan Samaan ini direhabilitasi total dengan anggaran Rp 1 miliar. Diperbaiki total pada anggaran tahun 2021 lalu. Jembatan dengan panjang 148 meter ini dilebarkan kiri-kanannya menjadi 4,7 meter tahun lalu.

Terdapat rangka baru dan lama dalam konstruksi jembatan saat ini. Jembatan kemudian sudah kembali dipergunakan setelah diperbaiki total awal tahun 2022. Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Ir Diah Ayu Kusuma Dewi MT mengatakan pihaknya terus mengawasi keamanan jembatan perlintasan di Kota Malang. “Yang dimaksud itu (di Jembatan Pelor, red) adalah bagian dari jembatan lama yang dipindah saja. Memang ada bagian jembatan yang lama yang memang dipakai,” tegas Diah saat dikonfirmasi, kemarin.

Ia menjelaskan kerusakan yang terlihat telah diperahatikan sebelumnya, dan dikatakan bukan menjadi kerangka utama. Diah menambahkan sebagian besar rekonstruksi yang dilakukan tahun lalu adalah mengganti baja jembatan. Dan dipastikan, pekerjaan tersebut sudah sesuai yang direncanakan. Termasuk didalamnya spec (spesifikasi) bahan konstruksi bajanya. “Insyallah sudah sesuai dengan perencanaan. Fokusnya kemarin memang juga pelebaran jembatan,” pungkas Diah. (ica/udi)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami:

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img