spot_img
Tuesday, May 28, 2024
spot_img

Kemenag Malang Gelar Rukyatul Hilal di Dua Lokasi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Agama Kabupaten Malang bakal menggelar rukyatul hilal di dua lokasi pada Selasa (9/4) sore. Yakni di Pantai Ngliyep dan Command Center Kantor Pemkab Malang.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang H. Sahid menjelaskan, pihaknya menggandeng sejumlah pihak seperti dari BMKG, NU, dan sejumlah ormas Islam lain dan membaginya di dua lokasi tersebut untuk melakukan pengamatan. Titik Rukyatul hilal di Kabupaten Malang ini menjadi salah satu dari puluhan titik pengamatan Rukyatul hilal yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

“Kalau terlihat dan cuaca bagus, insya Allah tahun depan kami adakan di Ngliyep lagi. Karena di Command Center belum pernah terlihat selama diadakan disitu,” terang Sahid kepada Malang Posco Media, Senin (8/4).

Berdasarkan perhitungan awal, Hari Raya Idul Fitri memang diperkirakan jatuh pada Rabu 10 April besok. Namun demikian, jika di semua titik tidak dapat melihat hilal entah karena faktor cuaca atau faktor lain, maka dipastikan bulan Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari. Sehingga Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis 11 April.

“Memang yang ada di Kabupaten Malang itu menurut hemat saya sulit untuk dilihat karena faktor kondisi cuaca. Tidak sama seperti di Gresik, Tanjung Kodok, dan sebagainya. Malang ini kadang kadang cerah terus menghilang lagi,” tambah dia.

Sementara itu, Ahli Muda Stasiun Geofisika BMKG Malang Ahmad Zarkoni,S.kom menambahkan pemantauan Rukyatul Hilal di Kabupaten Malang ini juga dilakukan streaming secara nasional dan langsung dilaporkan kepada BMKG pusat.

“Kalau disana kami sudah siapkan hasil prediksi cuaca. Untuk pengamatan prakiraan cuaca besok cerah,” sebut dia. (ian/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img