spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Disperindag

Latih UMKM Terapkan BDKT

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Produsen wajib berperan aktif menyediakan Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) yang aman. Tujuannya selain meningkatkan kualitas produk, juga agar produknya bersaing. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi.

Dia mengungkapkan hal ini, saat memberikan sambutan pada kegiatan Pelatihan BDKT Pendamping UMKM Kabupaten Malang, di Hotel  Grand Miami Kepanjen, kemarin. Dia mengatakan, jika seringkali produsesn lalai terkait dengan kemasan produk. Atau produk dikemas secara asal.

“Asal pengemasan tidak boleh lagi terjadi. Agar kualitas produk terjamin, pengemasannya pun harus serius tidak hanya asal,” katanya. Mahila menambahkan, selain kualitas produk yang terjamin, keamanan barang pun jelas. Sehingga produk-produk asal Kabupaten Malang dapat bersaing dengan produk lain dari luar Kabupaten Malang.

“Melalui pelatihan BDKT yang digelar ini, saya berharap peserta pun mendapatkan tambahan ilmu. Hasilnya juga langsung dapat dipraktikkan para pelaku UMKM,” tambahnya. BDKT dikatakan Mahila merupakan salah satu prioritas Kemendag, dalam hal ini Direktorat Metrologi.

“Bila pengawasan merupakan tindakan kuratif maka dibutuhkan tindakan preventif, agar produsen wajib berperan aktif menyediakan BDKT yang aman, produknya bisa bersaing,” tambahnya. Pelatihan BDKT sendiri diikuti oleh 25 peserta UMKM binaan Disperindag Kabupaten Malang. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img