spot_img
spot_img

Lomba KRENOTEK Kabupaten Malang, Perumda Tirta Kanjuruhan Juara 1 Kategori Inovasi Daerah

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Salah satu kegiatan pendukung yang digelar Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Malang untuk turut memeriahkan dan memperingati Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang adalah Lomba Kreativitas Inovasi Dan Teknologi (KRENOTEK) Kabupaten Malang.

Lomba ini digelar oleh Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Malang, yang diikuti oleh OPD/Instansi/BUMD se Kabupaten Malang. Perumda Tirta Kanjuruhan sebagai salah satu BUMD, turut serta berkontribusi mengikiti lomba tersebut.

Melalui inovasi pada Proses Bisnis Pengelolaan BUMD Air Minum Berbasis Teknologi Informasi, Perumda Tirta Kanjuruhan menjadi salah satu instansi yang mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan secara langsung inovasi yang berbasis teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis perusahaan.

Tujuan dan manfaat dari inovasi Perumda Tirta Kanjuruhan tersebut ada empat. Pertama optimalisasi, efisiensi, pemberdayaan dan produktifitas pegawai. Kedua, layanan lebih cepat, mudah dan murah. Ketiga, pembuatan keputusan lebih cepat dan akurat dengan data real time. Keempat, dapat dipergunakan sebagai template bagi BUMD Air Minum Lainnya.

Babak presentasi inovasi dihadiri oleh Direktur Umum Perumda Tirta Kanjuruhan bersama Tim Inovator, pada tanggal 3 November 2022 bertempat di Ruang Rapat Balitbangda Kabupaten Malang.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini

Dari tiga kategori inovasi yang ditetapkan, inovasi Perumda Tirta Kanjuruhan masuk pada kategori Inovasi Daerah, dan terdapat delapan nominator pada kategori ini. Kategori lainnya yaitu Kategori Inovasi Teknologi Bidang Ekonomi dan Kategori Inovasi Teknologi Bidang Non Ekonomi.

Berdasar penilaian yang dilakukan oleh tim yang ditunjuk oleh Balitbangda, yang hasilnya dituangkan pada Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Malang, Nomor : 180/60/KEP/35.07.203/2022 tentang Penerima Penghargaan Lomba Kreativitas Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Malang Tahun 2022, maka ditetapkan inovasi Perumda Tirta Kanjuruhan menjadi Juara 1 untuk Kategori Inovasi Daerah. Rencana penyerahan penghargaan akan dilaksanakan pada saat acara puncak Hari Jadi Ke – 1262 Kabupaten Malang.

Sementara itu, salah satu rangkaian untuk memeriahkan hari jadi ke 1262 Kabupaten Malang adalah Lomba Paduan Suara Semarak Malang Makmur yang digelar Perumda Tirta Kanjuruhan. Babak penyisihan telah dilaksanakan dengan menilai sejumlah 65 Tim Paduan suara.

Melalui proses penilaian yang dilaksanakan oleh dewan juri yang memiliki kompetensi dan pengalaman dalam bidang musik dan paduan suara, pada tanggal 4 – 6 November 2022, telah menghasilkan 17 finalis pada 2 kategori yaitu Kategori instansi/umum sebanyak 12 tim dan kategori pelajar sebanyak 5 tim.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini

Salah satu tujuan dari lomba ini adalah untuk mengenalkan secara luas lagu mars Kabupaten Malang agar mampu memotivasi masyarakat berkontribusi pada pembangunan. Pada babak final dipilih juara 1 sampai dengan harapan 3 untuk kategori Instansi/umum dan juara 1 sampai dengan juara 3 kategori pelajar.

Hasil dari babak final untuk kategori Instansi/Umum; Juara 1 Badan Pendapatan Daerah, Juara 2 Swara Tirta Harmoni Perumda Tirta Kanjuruhan, Juara 3 BKAD, Juara harapan 1 STT Aletheia Lawang, Juara harapan 2 Dinas Perhubungan dan Juara harapan 3 SWAENDO group Donomulyo. Untuk kategori Pelajar, Juara 1 Nawasena Choir SMA Modern Al Rifa’i Gondanglegi, Juara 2 SYMPHONY CHOIR SMANETA SMA Negeri 1 Tumpang, Juara 3 SMAK Yos Sudarso Kepanjen. (adv/bua)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

BERITA LAINNYA