spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Yang Seru di Kabupaten Malang

Nikmati Sejuk Sambil Terapi di Pentungan Sari

Berita Lainnya

Berita Terbaru

KABUPATEN Malang memiliki banyak destinasi wisata alam. Salah satunya adalah Pentungan Sari di Dusun Glatik, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. destinasi wisata ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Ditambah dengan pohon-pohon besar yang mengelilingi, membuat suasana wisata sangat sejuk. 

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Masuk ke tempat wisata ini, pengunjung yang rata – rata datang bersama keluarga, langsung disuguhi dengan dua kolam renang, yang berisi air alami dari sumber pegunungan. Menurut sejarahnya, Pentungan Sari dibangun tahun 2017 lalu. Idenya dari masyarakat, yang ingin memanfaatkan air yang mengalir di Sungai Glatik.

Tanah yang dipergunakan, sebelumnya penuh dengan tanaman kopi, ataupun area persawahan. Berjejer persis dengan sungai. Sebelum menjadi kolam renang, masyarakat sekitar lebih dulu membuat kolam lele. Namun gagal karena hasil panen lele minim. Baru tahun 2018, dibangun kolam renang.

Air kolam renang diambil dari Sumber Glatik. Sehingga sangat dingin namun menyegarkan. Pelan tapi pasti, keberadaan kolam ini mendapatkan respons dari wisatawan. Tak hanya dari Desa Toyomarto, tapi banyak wisatawan dari kota lain ikut datang. BUMDes Arjuno, bertugas mengelola kolam ini agar lebih professional.

Dari yang awalnya satu kolam, bertambah menjadi dua kolam. Kolam kedua berbeda dengan yang bertama. Bentuknya bundar dan ada air mancur di tengahnya. Kolam ini khusus untuk anak – anak. Selain kolam renang pengelola juga membangun kolam ikan untuk terapi. Ingin hanya bersantai, banyak gazebo yang berdiri di tempat itu.

Meskipun memiliki pemandangan yang indah dan fasilitas yang lengkap, tiketnya cukup murah. Hanya Rp 5.000. Sementara untuk parkir kendaraan, Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pentungan Sari tidak sekadar tempat wisata. Namun juga menjadi sarana untuk refreshing ataupun terapi kesehatan. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img