Malang Posco Media, JAKARTA – Ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2024 disambut gembira Pemerintah Kabupaten Malang. Pada event yang selenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonpmi Kreatif RI itu Pemkab Malang mendapatkan empat penghargaan sekaligus.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. Penghargaan itu diterima Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jl. Medan Merdeka Barat, Senin (9/9) malam.
Hadir juga pada moment tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Purwoto, S.Sos, M.Si.
“Kami bersyukur karena mendapatkan empat penghargaan, ” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Purwoto.
Pengahargaan itu, kata Purwoto diraih karena berhasil memenangkan Kompetisi Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (Video Kreatif BBWI) 2024 dengan jumlah penonton paling banyak.
Yaitu Juara 1 pada Bulan April dengan Tema Kuliner, Juara 2 pada Bulan Mei dengan Tema Event Daerah, Juara 2 pada Bulan Juni dengan Tema Seni dan Budaya, dan Juara 1 pada Bulan Juli dengan Tema Destinasi Wisata Unggulan.
Bupati Malang HM Sanusi mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi bukti bahwa Kabupaten Malang memiliki potensi pariwisata yang menarik dan berdaya saing di tingkat nasional.
Dia pun berharap keberhasilan ini dapat memperkuat citra Kabupaten Malang sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia dan meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian lokal.
Sanusi mengatakan banyak program inovasi dilakukan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI). Ini untuk mendorong kemajuan sektor pariwisata daerah.
“Ini salah satunya. Yaita menggelar Kompetisi Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (Video Kreatif BBWI) 2024,” urai Sanusi.
Kompetisi Video Kreatif BBWI 2024 ini merupakan upaya memasifkan promosi dan digital marketing pariwisata daerah. Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota diwajibkan memamerkan keunggulan serta potensi wisata masing-masing dalam bentuk video kreatif. Selanjutnya, karya diunggah di Chanel Youtube Dinas Pariwisata masing-masing dan penilaian ditentukan dari jumlah viewers atau berapa kali unggahan video ditonton oleh masyarakat.
Lomba Video Kreatif BBWI yang diselenggarakan Kemenparekraf selama 4 bulan. Event ini diikuti hampir dari 38 Dinas Pariwisata provinsi dan 514 Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se Indonesia. Di event ini dipilih pemenang lomba bulanan Provinsi, Kabupaten/Kota.(ira/udi)