spot_img
spot_img

Peringati Hari Jadi ke-1262, Bupati Beri Penghargaan 16 OPD

MALANG POSCO MEDIA, MALANG– Upacara peringatan Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang yang berlangsung di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (28/11) tadi pagi. Kegiatan ini juga dimanfaatkan Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM untuk  menyerahkan penghargaan kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berprestasi.

Ada 16 Kepala OPD yang mendapatkan penghargaan tersebut. Diantaranya Inspektur Kabupaten Malang Tridiyah Maistuti, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Malang, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabuparen Malang, Dr Wahyu Kurniati SS, Msi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Eko Margianto, AP., S.Sos., M.AP, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Aniswaty Azis.

Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Tito Fibrianto Hadi P., S.Sos.,M.AP , Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Dr Ir Budiar Anwar, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Malang Dr Nurman Ramdansyah SH, M.Hum, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM) Kabupaten Malang Dra. Pantjaningsih Sri Redjeki.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini
opd

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Wiyanto Wijoyo, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Subur Hutagalung, SH. MHum., Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Drs. Eko Wahyu Widodo, M.Si, Camat Wonosari dan Kepala Pelaksana Badan Penanggunalan Bencana Daerah (BPBD) Drs. M. Nur Fuad Fauzi, MT.

“Penghargaan yang diberikan tersebut, merupakan prestasi atas kinerja para kepala OPD dan mendapatkan apresiasi bagi dari tingkat regional, nasional juga internasional. Kami sangat bangga dengan prestasi tersebut,’’ kata Sanusi.

Diwawancarai seusai pelaksanaan upacara, Sanusi menekankan kepada seluruh pegawai di Kabupaten Malang menjadikan peringatan Hari Jadi ini sebagai momentum memperbaiki kinerja. “Tidak boleh eforia berlebihan. Tapi peringatan hari jadi ini harus dijadikan momentum memperbaiki kinerja ke depan. Yang sudah bagus harus bertahan dan terus meningkatkan kinerja, sedangkan yang kurang bagus, tetap harus bersemangat memperbaiki sehingga ke depan kinerja seluruh pegawai di Kabupaten  Malang bagus,’’ katanya.

Tema peringatan Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang tahun ini adalah ‘’Maju Sejahtera Bersama Malang Makmur.’’ “Tema ini selaras dengan visi dan misi Malang Makmur, yaitu  salah satu tujuannya adalah mensejahterahkan rakyat. Itu sebabnya kinerja harus terus ditingkatkan,’’ katanya. 

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini

Selain pemberian penghargaan, yang berbeda dalam upacara Hari Jadi Kabupaten Malang adalah adanya rebutan jolen, yang dirupakan dengan bentuk gunungan sayur dan buah serta tumpeng. Rebutan jolen ini digelar usai upacara. Jolen ini masuk dalam rangkaian upacara sebagai wujud rasa syukur Pemerintah Kabupaten Malang atas melimpahkan hasil bumi. Terlebih sebelumnya Bupati Malang menjelaskan beragam hasil pertanian dan perkebunan di Kabupaten Malang sangat bagus. Mulai dari padi, tebu, jeruk, bawang merah dan lainnya. Semuanya sangat bagus.

“Rata-rata setiap tahun kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang terhadap padi sekitar 400 ribu ton. Sementara produksi beras di Kabupaten Malang 480 ribu ton. Ada surplus di situ. Ini yang terus kami tingkatkan,’’ ungkapnya. (ira/udi)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

BERITA LAINNYA