spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img

PO Bagong Maksimalkan Armada Lebaran

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- PT Bagong Dekaka Makmur (Bagong) tidak menambah armada untuk menyambut arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024. Sebaliknya, PO Bagong siap memaksimalkan armada yang sudah ada ijin trayek. “Jika diperlukan armada tambahan, PO Bagong siap menambah armada bantuan,” kata Direktur Utama PT Bagong Dekaka Makmur, Budi Susilo.

Dia mengatakan, PO Bagong sangat siap menyambut arus mudik maupun balik Lebaran. Seperti kendaraan yang digunakan, semuanya dalam kondisi baik. “Kami, melalui tim mekanik melakukan pengecekan unit sebelum beroperasi. Sehingga sudah bisa dipastikan, kondisi unit oke saat beroperasi,” tambahnya.

Tidak terkecuali rute Batu – Mojokerto via Cangar. Ditegaskan Budi belum ada rencana untuk menambah unit. Ada enam unit yang disediakan PO Bagong untuk melayani penumpang rute sepanjang 57 kilometer tersebut. Kendaraan yang disiapkan pun masih sama seperti saat launching beberapa bulan lalu.

Yaitu Isuzu Elf Canter type FE71 LBC. Guna menunjang kenyamanan penumpangnya menempuh waktu kurang lebih dua jam, semua unit Elf dilengkapi AC, reclining seat dan televise. “Untuk jamnya ada perubahan. Sebelumnya operasional kendaraan mulai pukul 05.00 – 16.00. Tapi selama ramadan operasional mulai pukul 07.00 – 17.00,’’ urai Budi.

Bukan hanya kendaraan. Para driver pun telah mendapatkan pembinaan tertib berlalulintas, juga tes kesehatan. “Mereka yang kondisinya sakit atau tidak sehat, tidak boleh menjalankan unit. Ini sudah ketentuan. Karena mengemudi, berkaitan dengan keselamatan berkendara. Mereka membawa penumpang,” tegas dia.

Selain itu, perusahaan oto bus ini juga melakukan tes urine untuk seluruh pengemudi bus. Tes urin dilakukan oleh team QHSE internal dari PO Bagong.“Tes urine digelar rutin. Ini untuk mengetahui apakah pengemudi kami mengkonsumsi narkoba atau tidak. Jika ada, kami tidak memberikan toleransi apapun, alias dipecat,” tegasnya.

Sementara untuk tes urin dalam rangka melayani arus mudik dan arus balik, PO Bagong menunggu dari Satlantas Polres Malang dan Dishub Kabupaten Malang. “Kalau yang itu kami mengikuti saja. Prinsipnya Lebaran tahun ini kami siap memaksimalkan armada berikut dengan fasilitasnya,” tandas dia. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img