spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

[SALAH] 928 Rumah di Banten Hancur karena Angin Puting Beliung

Berita Lainnya

Berita Terbaru

BERITA

BENCANA HARI INI~BERLANGSUNG‼️928 RUMAH BANTEN HANCUR, ANGIN PUTING BLIUNG MENGGANAS SIANG INI❓

HASIL CEK FAKTA

Pada 28 Januari 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim mengenai 928 rumah di Banten yang hancur akibat tiupan angin puting beliung.

Setelah disimak isi video hanya membacakan 2 artikel dari 2 peristiwa yang berbeda. Artikel pertama berjudul “BMKG: Enam daerah Banten berpotensi hujan lebat disertai angin kencang” yang diunggah oleh Antaranews.com. Artikel tersebut hanya berisi mengenai penjelasan dari BMKG tentang adanya enam daerah di wilayah Banten yang berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada 27 Januari 2024. Tidak disebutkan telah terjadi peristiwa yang menghancurkan ratusan rumah di Banten akibat angin kencang tersebut.

Kemudian artikel yang ke 2 berjudul “Angin Puting Beliung Terjang Ponorogo, 3 Rumah Rusak Parah” yang diunggah oleh detik.com. Artikel tersebut berisikan peristiwa hujan deras yang disertai angin puting beliung di Ponorogo yang menghancurkan 4 warung dan 3 rumah warga.

Dilansir dari cekfakta.com, berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim video tentang 928 rumah di Banten yang hancur akibat angin puting beliung adalah salah. Karena narator hanya membacakan dua berita yang berbeda dan tidak sesuai dari klaim video.

KESIMPULAN

Isi video tidak menunjukan benar adanya 928 rumah di Banten yang hancur terkena angin puting beliung. Narator hanya membacakan 2 artikel berita yang tidak berkaitan satu sama lain dan tidak ada hubungannya dengan klaim yang disebutkan.

Rujukan

https://www.antaranews.com/berita/3934818/bmkg-enam-daerah-banten-berpotensi-hujan-lebat-disertai-angin-kencang

https://www.detik.com/jatim/berita/d-7162454/angin-puting-beliung-terjang-ponorogo-3-rumah-rusak-parah

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img