spot_img
Tuesday, May 21, 2024
spot_img

Utamakan Pelayanan, Fasilitas Selalu Terbarukan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Fasilitas kesehatan menjadi salah satu bagian penting dalam masyarakat. Melalui fasilitas yang lengkap dengan pelayanan yang baik, dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Khususnya di wilayah Malang Raya, banyak tersebar fasilitas kesehatan yang kini menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Satu diantaranya adalah Rumah Sakit Umum (RSU) Wajak Husada. Rumah sakit yang terletak di Jalan Raya Kidangbang No. 02, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang tersebut menjadi salah satu rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap. Meskipun terbilang cukup baru, namun mengenai pelayanan dan fasilitas yang dihadirkan tidak perlu diragukan lagi.

“Kami selalu mengedepankan pelayanan kepada para pasien. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang selalu terbarukan. Salah satunya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih,” tutur Founder RSU Wajak Husada, drh Puguh Wiji Pamungkas, MM., kepada Malang Posco Media, Jumat (3/3).

Dijelaskannya, bahwa sejak dahulu RSU Wajak Husada sudah memegang teguh DNA organisasi yang berorientasi kepada empat hal, yakni Customer Oriented, Market Oriented, People Oriented serta Technology Oriented.  Hal ini yang menjadi salah satu penunjang perkembangan pesat dari RSU Wajak Husada.

“Mulai dari dulu klinik hingga sekarang bisa menjadi Rumah Sakit kami tetap memegang teguh empat hal ini. Menjaga pasien, menjaga market, menumbuhkan SDM dan selalu beradaptasi terhadap pertumbuhan teknologi. Karena layanan kesehatan tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi,” ucapnya.

Beberapa fasilitas kesehatan dengan teknologi canggih yang dimiliki oleh RSU Wajak Husada diantaranya adalah USG dengan empat dimensi, USG pembuluh darah dan jantung, alat operasi mata katarak dengan teknologi Pacho Emulsifikasi,  operasi prostat dengan teknologi Transurethral Resection of the Prostate (TURP) dan masih banyak lagi.

“Tentu RSU Wajak Husada ditunjang dengan berbagai teknologi-teknologi kesehatan yang canggih dan terkini. Sehingga masyarakat bisa merasakan kelebihan dari berbagai fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan,” tutur drh Puguh.

Selain upgrade berbagai fasilitas, RSU Wajak Husada juga senantiasa melakukan upgrading kepada seluruh SDM yang ada. Coaching dilakukan setiap hari dengan pemberian materi dari coach-coach yang berpengalaman.

“Kompetensinya senantiasa kita upgrade. Ada capability seperti skill, knowledge, experience terus kita tambah serta performance kita tunjukkan, sehingga memang jadi menu harian bagi RSU Wajak Husada untuk coaching, workshop dan lain sebagainya. Semua diselenggarakan secara in house,” paparnya.

Uniknya, trainer-trainer yang diberi tugas untuk membimbing dan mengembangkan SDM di RSU Wajak Husada berasal dari tim manajer internal. Selain itu, juga dikembangkan Customer Relationship Management (CRM) yang dikelola oleh tim manajemen.

“Jadi kita ada 1.700 data base para customer yang kita mintai feedback, saran dan kritiknya untuk pertumbuhan dari RSU Wajak Husada. Yang termasuk Customer Oriented juga, kita senantiasa memanjakan para pasien melalui kerjasama dengan banyak penyedia jasa asuransi. Kurang lebih ada 150 an corporate yang sudah kerjasama dengan kami,” jelasnya.

Lebih lanjut drh. Puguh optimis kedepannya RSU Wajak Husada dapat berkembang dengan lebih pesat. Meskipun banyak persaingan-persaingan antara penyedia layanan kesehatan, namun ia memiliki strategi tersendiri untuk mengembangkan rumah sakit yang dikelolanya hingga dapat terus bertahan di tengah banyaknya persaingan.

“Saya rasa cukup dengan dua kata, yakni Value Innovation. Kata kuncinya adalah create value dan create innovation. Karena menurut saya, mereka yang menang dengan kompetisi di masa depan itu adalah mereka yang mampu untuk beradaptasi dengan perubahan,” katanya.

Dia menjelaskan untuk beradaptasi maka diperlukan inovasi dan value creation, yakni dengan menciptakan nilai tambah baru yang diperuntukan bagi market. Melalui adaptasi dengan berbagai kemajuan-kemajuan yang ada, maka suatu usaha akan bisa bertahan di tengah berbagai gempuran kemajuan.

Pada tahun ini, RSU Wajak Husada akan terus meningkatkan kompetensinya, salah satunya adalah dengan penambahan jumlah layanan, memperluas jaringan market serta memperluas dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit.

“Untuk dokter spesialis sudah mulai terpenuhi kebutuhannya, tinggal kita tambahkan jam kerjanya. Sehingga masyarakat bisa setiap saat bisa bertemu dengan dokter spesialis kita. Kedepannya kita akan terus menambah fasilitas dan layanan kami,” tandas drh. Puguh.

Dikisahkannya, rumah sakit yang dikelolanya ini bermula dari toko obat, berdiri tahun 2011, kemudian berkembang menjadi apotek dan praktek dokter. Semakin meningkatnya kepercayaan dari masyarakat, hingga tahun 2015 berdirilah Klinik Wajak Husada. Hingga pada tahun 2021, berdirilah Rumah Sakit Umum (RSU) Wajak Husada dengan fasilitas dan pelayanan yang lebih lengkap.  (adm/bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img