spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img

CJH Malang Ikuti Manasik Ibadah Haji 1444H

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Malang – Ribuan calon jamaah haji Kabupaten Malang mengikuti manasik ibadah haji di Pendopo Agung Kantor Bupati Malang, Sabtu (13/5). Ada 1.709 calon jamaah haji mengikuti rangkaian acara tersebut. Turut hadir dalam acara Bupati Malang, H. M. Sanusi dan pejabat Kementrian Agama (Kemenag) Malang lainnya.

Kepala Seksi Penyelenggaran haji dan umroh Kemenag Malang, Abd. Salam, S. Ag. M.Sy mengatakan, acara manasik calon ibadah haji (CJH) diikuti sesuai dengan jumlah CJH dari Kabupaten Malang yakni, 1.709 jamaah. CJH ini telah melunasi biaya pelaksanaan ibadah haji. Selain dihadiri oleh Bupati dan pejabat dari Kemenag Malang, acara tersebut juga dihadiri oleh tim petugas pemandu dan tim kesehatan pelaksanaan ibadah haji.

“Ada 33 petugas pemandu ibadah jamaah haji dan petugas tim kesehatan ada 12 petugas,” ujarnya kepada Malang Posco Media.

CJH yang hendak di berangkatkan masih menunggu pengumuman terbentuknya kloter. Abd. Salam memperkirakan, CJH akan diberangkat pada tanggal 6,7,8 Juni 2023, bulan depan. “Setelah terbentuknya kloter, baru kita bisa tahu jadwal keberangkatan calon jamaah haji. Berangkatnya antara tanggal 6,7,8 bulan depan. Tapi kita lihat perkembangan nantinya bisa berubah. Karena ditentukan oleh wilayah,” urainya.

Dalam acara pembuka manasik ibadah haji tersebut diisi dengan pemberian materi kepada CJH Kabupaten Malang. Acara manasik nantinya juga akan digelar pada tingkat kecamatan. Kemudian ditutup dengan praktik oleh CJH dan sosialiasi terkait kebijakan pemerintah Arab Saudi tentang pelaksanaan haji.

“Pembukaan ini diisi dengan materi tentang ibadah haji oleh Kemenag Provinsi Jawa Timur. Lalu dilanjutkan dengan materi tentang kesehatan. Kemudian nantinya kita akan berlanjut ditingkat kecamatan,” paparnya. (den/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img