spot_img
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Dinkes Kabupaten Buka Rekrutmen Nakes

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang membuka rekrutmen tenaga kesehatan dan tenaga pendukung atau penunjang kesehatan. Mereka direkrut sebagai tenaga profesional BLUD Puskesmas dan RSUD di Wilayah Kabupaten Malang.

Kadinkes Kesehatan Kabupaten Malang, drg Wiyanto Wijoyo, M.Mkes mengatakan rekrutmen ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di Kabupaten Malang. “Kami mengalami kekurangan tenaga kesehatan. Rekrutmen ini sebagai upaya untuk memenuhi kekurangan itu,’’ katanya.

Dia mengatakan tidak bisa hanya mengandalkan rekrutmen CASN, lantaran kuotanya terbatas. “Rekrutmen tenaga profesional BLUD Puskesmas dan RSUD ini dasar hukumnya adalah Surat Kementerian Dalam Negeri RI perihal penjelasan tentang izin/rekomendasi pengadaan tenaga non ASN (BLUD),” jelasnya.

Masih menurut dokter Wie, sapaannya, rekrutmen ini juga berdasarkan Peraturan Bupati Malang Nomor 15 tahun 2013 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai dan Pejabat Pengelola Badan Layanan Umum Daerah yang berasal dari tenaga prfesional non PNS.

“Jadi mereka yang diterima nanti, adalah tenaga profesional BLUD. Kebetulan 39 Puskesma kami semuanya sudah BLUD. Sementara RSUD, rekrutmen hanya dibuka untuk RSUD Lawang,” urainya. Sementara dua RSUD lainnya, yaitu RSUD Kanjuruhan dan RSUD Ngantang, tidak ada rekrutmen.

“Kalau RSUD Ngantang saat ini BLUD-nya masih proses. Sedangkan RSUD Kanjuruhan, membuka sendiri rekrutmen tenaga kesehatan dan tenaga pendukung lainnya,’’ ucapnya. Dia menyebutkan, pihaknya membutuhkan 127 untuk tenaga kesehatan dan 22 orang untuk tenaga pendukung atau penunjang kesehatan.

“Total formasi 149 orang. Mulai dari dokter umum, dokter, perawat, bidan analis kesehatan, perekam medis, nutrisionis, asisten apoteker, akuntan, samnpai dengan driver ambulance. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di https://linktr.ee/RekrutmenBLUD2024,’’ tambah mantan Kepala Puskesmas Pakis ini.

Dia mengatakan untuk pendaftaran dibuka mulai 20 Februari 2024 hingga 23 Februari 2024 ini. Selanjutnya dilakukan seleksi administrasi  tanggal 20 Februari 2024 hingga 24 Febuari 2024. “Peserta yang lolos seleksi administrasi diumumkan tanggal 24 Februari 2024 nanti,’’ ujarnya. Peserta yang lolos seleksi administrasi  berhak mengikuti Ujian CAT. Rencananya ujian CAT digelar tanggal 26 Februari 2024 hingga 28 Februari 2024. Peserta juga wajib mengikuti tes wawancara yang akan digelar tanggal 4 Maret 2024 hingga 7 Maret 2024. “Hasil akhir rekrutmen diumumkan tanggal 15 Maret 2024. Pemberkasan peserta yang lulus dilakukan pada tanggal 18 Maret 2024 hingga 22 Maret 2024,” ujarnya. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img