spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img

Investasi Oke, Pertahankan Fungsi TKBJ

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Investasi bagi pemerintah memang primadona. Karena kalau ada investasi masuk maka pendapatan daerah bisa terdongkrak. Investor yang tertarik membangun hotel bintang 5 di kawasan Taman Krida Budaya Jatim (TKBJ) inilah yang diinginkan Pemkot Malang.

Alasan yang disampaikan Kepala Disnaker PMPTSP Kota Malang pun sangat realistis. Dengan adanya pembangunan hotel bintang 5, meskipun lahannya milik Pemprov Jatim, akan ada pemasukan pendapatan ke Pemkot Malang. Daripada keberadaan TKBJ selama ini sama sekali taka da kontribusi untuk Kota Malang.

Karena itulah Pemkot Malang pun berharap keinginan investor itu bisa dipenuhi oleh Pemprov Jatim. Tentu dengan segala persyaratan dan kerjasama yang jelas dan pasti. Karena aset TKBJ tak boleh hilang fungsi utamanya. Ini yang harus dijaga bersama. Baik oleh Pemprov Jatim dan investor.

Jangan sampai demi investasi besar lalu mengorbankan fungsi TKBJ sebagai sarana kesenian dan kreativitas masyarakat. TKBJ harus tetap ada. Yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana menyemarakkan beragam kegiatan seni dan budaya di lokasi strategis Kota Malang ini. Ini yang juga harus dikawal bersama-sama seluruh stakeholder terkait.

Mengapa harus dikawal? Karena seringkali ketika ada investasi masuk di wilayah strategis rawan merubah fungsi utama bangunan dan aset yang sudah ada. Karena siapapun investor yang masuk, pasti tak mau investasinya terganggu dengan aktivitas lain, meskipun masih beririsan dengan kehidupan hotel.

Yang perlu didorong adalah bagaimana suasana TKBJ yang dulu menjadi tempat favorit segala macam kegiatan bisa hidup kembali seperti di zamannya. Perkembangan zaman membuat banyak tempat kegiatan lain yang lebih dipilih masyarakat. Akibatnya TKBJ bukan menjadi satu-satunya tempat favorit.

Kalau dibilang sepi, masih ada kegiatan. Tapi kalau dibilang ada kegiatan, jarang yang terlihat spektakuler. Keberadaannya di wilayah Kota Malang tapi tidak memberi dampak keuntungan bagi Kota Malang. Karena itu, Pemkot Malang pun sangat berharap agar investor bisa masuk dan membuat TKBJ menjadi lebih hidup dan bergairah kembali.

Gagasan investor membangun hotel bintang 5 di kawasan TKBJ memang patut didukung. Karena di kawasan Jalan Soekarno Hatta itu memang belum ada hotel yang ikonik dan menjadi pilihan terbaik. Bila gagasan itu terelisasi maka wajah jalan Soekarno Hatta makin ciamik. Pemkot Malang pun bakal mendapat berkah bagi PAD Kota Malang.(*)   

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img