spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Partisipasi di Pemilu Tinggi, Tantangan KPU di Pilkada

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Kota Malang masih ngebut menuntaskan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, begitu juga di Kabupaten Malang. Ketegangan antar caleg juga mewarnai. Hanya Kota Batu yang sudah tuntas rekapitulasi suara sampai di tingkat kota. Yang menggembirakan, semua proses berjalan lancar, damai dan nyaris tak ada gejolak.

Dari 30 kursi dewan di Kota Batu, ada 10 wajah baru yang bakal duduk di kursi dewan bersama 20 incumbent. Hasan Abdillah (PKB) dengan 2.426 suara, Ganisa Pratiwi Rumpoko (PDIP) dengan 2.378 suara, Adi Sayoga (PKS) dengan 1.317 suara, Arta Wijaya (Gerindra) 1.141 suara, Bambang Prahmono (Gerindra) 2.293 suara, Punjul Santoso (PDIP) 1.692 suara, M Farhan Alkatiri (Nasdem) 1.455 suara, Nurudin Muhammad (PKS) 2.628 suara, Wildan Bimantoro (Demokrat) 2.536 suara dan Budi Riyanto (PKS) 1.715 suara.

Dari nama itu tentu yang menarik adalah sosok Ganis Rumpoko. Putri mantan Wali Kota Batu alm Edi Rumpoko dan Dewanti Rumpoko yang juga mantan wali kota Batu. Dewanti diprediksi melenggang ke DPRD Jatim. Sedangkan Ganis bakal berjuang di DPRD Kota Batu.

Meski masih muda, namun Ganis bisa menjadi sangat potensial di masa depan. Keturunan darah pejabat dan politisi yang ditularkan kedua orang tuanya tentu akan menjadikan Ganis makin matang di jalur politik PDIP. Ganis sepertinya memang dipersiapkan untuk meneruskan karir politik ayah dan ibunya di Kota Batu.

Selain wajah baru, yang menggembirakan juga adalah partisipasi masyarakat Kota Batu dalam Pemilu 2024 ini tinggi.  Sebanyak 117.450 menggunakan hak pilihnya dari total 164.516 yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). KPU Kota Batu mengklaim partisipasi pemilih Kota Batu di angka 70 persen ke atas.

Meski masih kalah jauh dengan partisipasi di Pilkada Batu tahun 2017 lalu, namun persentase itu masih terbilang sangat bagus. Itu membuktikan meskipun Kota Batu dikenal dingin, namun masyarakatnya tak dingin terhadap politik dan demokrasi. Mereka aktif menggunakan hak pilihnya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta para wakil rakyat.

2024 bakal digelar Pilkada serentak, termasuk di Kota Batu. Ini bakal menjadi ujian dan tantangan bagi KPU. Apakah bisa mempertahankan partisipasi masyarakat yang tembus angka 80 persen atau justru merosot. Pasca Pemilu, KPU masih harus bekerja lebih keras lagi.(*)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img