spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Polres Malang; Gelar Simulasi Pengamanan TPS

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Pemungutan suara dalam Pemilu 2024 tinggal hitungan hari. Melalui simulasi pengamanan TPS, jajaran Polres Malang mempersiapkan upaya pengamanan sebagai bentuk antisipasi berbagai kondisi saat pelaksanaan 14 Februari 2024 nanti.

Simulasi digelar di Halaman Mapolres Malang, Rabu (24/1). Dalam simulasi, personel gabungan pengamanan dari unsur TNI-Polri, PPS, PPK, serta petugas Linmas dihadirkan. Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan, simulasi pengamanan TPS ini merupakan bagian dari persiapan dan pembekalan kepada personel yang bertugas.

“Setiap TPS memiliki kondisi yang berbeda, dan dengan latihan ini diharapkan personel lebih siap menghadapi kendala-kendala yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pemilu,” ujar Kholis, sapaannya. Dinamika di TPS memerlukan pemahaman yang baik terhadap kewajiban dan larangan bagi petugas pengamanan.

“Para Kapolsek bisa melihat dan mempraktekkan di polsek masing-masing atau bahkan di titik-titik lokasi TPS sehingga nanti rekan-rekan anggota memiliki pemahaman yang lebih baik,” pintanya. Mantan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok itu memberikan pesan agar anggotanya memahami tugas pokoknya dengan baik.

Saat pelaksanaan simulasi, beberapa kondisi tertentu dipraktikkan. Mulai dari pengamanan kotak suara, pengambilan sumpah KPPS, dan pelaksanaan pemungutan suara. Selain itu, disimulasikan pula pemungutan suara bagi warga disabilitas, dan beberapa simulasi mengenai adanya warga yang tidak tertib kelengkapan administrasi calon pemilih.

“Kepolisian berharap, melalui program-program yang telah dilaksanakan, akan menjadi kunci keberhasilan dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 serta tetap dapat menjamin keamanan Kabupaten Malang, terutama pada puncaknya pada tanggal 14 Februari 2024 nanti,” pungkasnya. (tyo/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img