spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img

Shin Tae-yong Panggil 28 Pemain Timnas U-23, Ada Nathan Tjoe-A-On dan Satu Pemain Arema FC

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong resmi memanggil 28 pemain gabung dalam pemusatan latihan Timnas U-23 yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-23 di Qatar.  Ada bek asal klub Liga Belanda Heerenveen Nathan Tjoe-A-On turut dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23 di Dubai.

Pada daftar awal yang dirilis PSSI pada Senin dini hari WIB, belum terdapat nama Nathan dalam skuad yang dipersiapkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Nama Nathan baru masuk sekira pagi hari dan berita di laman resmi PSSI telah diralat untuk menyebut pelatih Shin memanggil 28 pemain ke Dubai.

Shin menilai terlambat masuknya nama Nathan dalam daftar yang dirilis PSSI bukan masalah, sebab skuad yang ada pun masih akan dipangkas sehingga menyisakan 23 pemain untuk tampil di Piala Asia U-23.

“Memang masih ada di dalam list tim ya, Nathan memang untuk Piala Asia (U-23), memang harus serahkan 23 pemain tetapi ini yang diumumkan 28 pemain ya. Kita lagi push juga, kita masih coba untuk panggil ke timnas U-23 karena masih ada waktu sampai sehari sebelum pertandingan Piala Asia (U-23),” kata Shin saat ditemui pewarta di Jakarta, Senin (1/4).

Selain Nathan Tjoe-A-On, sebagian besar pemain yang dipanggil dari klub Liga 1. Ada satu pemain dari tim Arema FC yaitu Arkhan Fikri yang bakal bersaing untuk mendapatkan tempat di lini tengah Timnas U-23. Menyusul hanya 23 pemain yang akan berangkat ke Qatar dari 28 yang dipanggil pemusatan latihan.

Timnas U-23 akan menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab, selama sepuluh hari. Selain berlatih, tim Garuda Muda juga akan memainkan dua pertandingan uji coba di Dubai, sebelum kemudian terbang ke Qatar dan bermain di Piala Asia U-23.

Dalam kesempatan itu, Shin juga menceritakan bahwa ia dan PSSI sedang mengusahakan agar pemain keturunan Belanda Calvin Verdonk bisa dinaturalisasi. Sedangkan untuk kiper klub Yunani, Cyrus Margono, yang belum dipanggil masuk timnas U-23, Shin beralasan dia belum pernah melihat langsung penampilan pemain yang baru pada akhir Maret lalu mendapatkan kewarganegaraan Indonesia itu.

“Pemain tadi (Calvin) memang sedang mencari naturalisasi, mungkin saja awal Juni sudah selesai. Dan saya sudah lihat langsung performa pemain tersebut dan sangat baik untuk membantu timnas Indonesia. Untuk Cyrus jujur belum pernah lihat langsung. Jadi saya belum bisa bicara apa-apa. Apalagi tidak semua pemain yang menjadi warga negara Indonesia lalu bisa masuk timnas Indonesia,” ucap mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Pada Piala Asia U-23 tahun ini, Indonesia berada di grup yang cukup berat yakni Grup A. Selain Indonesia Grup itu juga dihuni oleh tuan rumah Qatar, Jordania, dan Australia.

Tim Garuda Muda akan memainkan pertandingan pertama dengan menghadapi Qatar pada 15 April, dilanjutkan dengan laga melawan Jordania pada 18 April, dan melakoni laga terakhir fase grup dengan menantang Australia pada 21 April.

“Saya bukan Tuhan, jadi saya pastinya berusaha semaksimal mungkin agar diberi hasil yang baik. Sekarang sepak bola Indonesia memang sedang maju dan perjalanan masih jauh. Jadi saya tidak bisa tentukan target kita apa, saya tidak bisa pastikan kita sampai target,” kata Shin saat ditanyai mengenai target pribadinya di turnamen tersebut. (ntr/bua)

Daftar 28 Pemain Gabung Pemusatan Latihan Timnas U-23 di Dubai

1. Ernando Ari (Persebaya Surabaya)

2. Adi Satryo (PSIS Semarang)

3. Erlangga Setyo (Persis Solo)

4. Daffa Fasya (Borneo FC)

5. Rizky Ridho (Persija Jakarta)

6. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

7. Justin Hubner (Cerezo Osaka)

8. Komang Teguh (Borneo FC)

9. Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)

10. Pratama Arhan (Suwon FC)

11. Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta)

12. Haykal Alhafiz (PSIS Semarang)

13. Dzaky Asraf (PSM Makassar)

14. Ilham Rio (Persija Jakarta)

15. Bagas Kaffa (Barito Putera)

16. Ivar Jenner (FC Utrecht)

17. Arkhan Fikri (Arema FC)

18. Rifky Dwi (Persita Tangerang)

19. Rayhan Hannan (Persija Jakarta)

20. Ikhsan Nur (Borneo FC)

21. Witan Sulaeman (Bhayangkara FC)

22. Jeam Kelly (Persik Kediri)

23. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze)

24. Fajar Fathurahman (Borneo FC)

25. Rafael Struick (ADO Den Haag)

26. Ramadhan Sananta (Persis Solo)

27. Hokky Caraka (PSS Sleman)

28. Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img