spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

Tahun Depan Tambah Dua Pintu Perlintasan KA

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Memperhatikan keselamatan masyarakat khususnya pengguna jalan di perlintasan kereta api, Pemkot Malang kini tengah memasang beberapa palang pintu perlintasan sebidang yang ada di Kota Malang. Keamanan terkait jalur perlintasan kereta ini makin jadi sorotan ketika mengingat tragedi di Lumajang beberapa waktu lalu yang juga terjadi di perlintasan kereta dan menewaskan belasan orang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Widjaja Saleh Putra mengungkapkan, untuk saat ini pihaknya tengah mengerjakan pemasangan palang pintu perlintasan kereta di sebanyak empat titik yang ada di Kota Malang.

“Ada empat titik yang dikerjakan tahun ini. Pemasangannya (palang pintu) ini harus segera selesai tahun ini,” ungkap Jaya, sapaannya kepada Malang Posco Media, kemarin.

Keempat titik pemasangan palang pintu perlintasan sebidang berikut dengan sarana prasarana pendukungnya ini salah satunya berada di JPL 61, KM 44+403 atau di Jalan Pulosari Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing. Kemudian JPL 79, KM 52+922, Stasiun Malang Kotalama-Pakisaji atau Jalan Gadang IV/Janti Selatan, Sukun.

Lalu di JPL 62, KM 44+515, Stasiun Singosari-Blimbing, atau Jalan Plaosan Barat Kelurahan Purwodadi, Blimbing. Serta satu titik lagi yaitu di JPL 81, 54+081, Stasiun Malang Kotalama-Pakisaji, atau Jalan Satsuit Tubun Kelurahan Kebonsari, Sukun.

“Untuk saat ini sudah dilakukan pembangunan palang pintu perlintasan sebidang JPL 61 dan 79 oleh Kota Malang. Lalu yang JPL 62 dan 81 itu oleh Provinsi Jawa Timur,” sebut Jaya.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk JPL 62 dan JPL 79 dibangun dengan memanfaatkan anggaran sebesar Rp 180 juta yang bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang. Sedangkan untuk JPL 62 dan JPL 81 masuk dalam APBD Provinsi Jawa Timur.

Atas pekerjaan pemasangan empat titik perlintasan kereta ini, Jaya menyebut titik perlintasan tanpa palang pintu bisa dikurangi. Di Kota Malang sendiri ada sebanyak 11 titik perlintasan sebidang yang tidak memiliki palang pintu.

Saat ini empat titik sedang dikerjakan dan empat titik lagi sudah dilakukan penutupan. Praktis menyisakan hanya dua titik lagi yang belum terpasang palang pintu. Yakni di dua titik perlintasan di Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen untuk Stasiun Malang Kota Lama dan Depo Pertamina Malang

“Tersisa dua titik perlintasan sebidang tanpa palang pintu yang akan kami kerjakan tahun depan,” tutup Jaya. (ian/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img