spot_img
Monday, June 24, 2024
spot_img

Terima Perbaikan Dukungan, KPU Siap Verifikasi Faktual

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – KPU Kota Malang telah menerima berkas dukungan perbaikan dari Bapaslon perseorangan di masa verifikasi administrasi saat ini. Komisioner KPU Kota Malang Divisi Data dan Informasi, Deny Rachmat Bachtiar mengungkapkan berkas dukungan perbaikan ini diterima pihaknya pada Jumat (7/6) akhir pekan kemarin.

Dengan demikian, Deny menyebut pihaknya kini melanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi perbaikan, yang dimulai pada (8/6) kemarin hingga 18 Juni mendatang.

“Bapaslon yang waktu verifikasi administrasi awal itu yang terverifikasi sekitar 21 ribuan. Jadi masih ada kekurangan dan ada kesempatan untuk menyerahkan dukungan perbaikan. Kami sudah menerima dan jumlahnya sudah memenuhi jumlah minimal 48 ribu (dukungan). Jadi kami mulai melakukan verifikasi administrasi perbaikan sampai 18 Juni nanti,” ungkap Deny, kepada Malang Posco Media.

Diketahui Bapaslon yang telah memenuhi kriteria adalah pasangan Heri Cahyono dan Rizky Boncel. Namun setelah dilakukan verifikasi awal ternyata  ada sejumlah hal yang membuat dukungan itu dinyatakan kurang.

“Ada yang (pendukung) ganda, atau ada yang TNI-Polri. Kalau (pendukung) fiktif kami tidak menemukan,” beber Deny.

Dengan berjalannya proses verifikasi administrasi prbaikan ini, Deny menyebut proses menuju pendaftaran sudah makin dekat. Setelah verifikasi administrasi perbaikan usai, maka akan dilakukan verifikasi faktual.

Proses verifikasi faktual ini akan dilakukan dengan benar benar ketat. Sebab pihaknya akan melakukan verifikasi langsung pada masing masing pendukung. Dalam hal ini, pihaknya akan mengerahkan seluruh SDM dari PPS yang ada di tingkat kelurahan. “Model verifikasi faktual ini sifatnya langsung, tidak memakai sampling. Semua dukungan yang memenuhi syarat itu kami lakukan verifikasi faktual. Ada tiga metode; bisa didatangi satu per satu tiap pendukung itu, bisa juga kemudian dikumpulkan dalam satu tempat kemudian verifikator datang melakukan verifikasi, atau bisa saja nanti dihubungi melalui video call,” tandasnya. (ian/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img