spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Tugas Berat Aries

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Tak mudah menjadi pejabat publik. Tapi Aries Agung Paewai membuktikannya. Nilainya memimpin Kota Batu selama setahun pun memuaskan. Maka tak heran, Mendagri Tito Karnavian pun memberikan kembali mandate sebagai Pj Wali Kota Batu setahun ke depan.

Sosok Aries memang mantesi. Sebagai ASN, dia sangat memenuhi syarat. Bobot, bebetnya idealnya sebagai Penjabat Wali Kota Batu. Karena itu, tak salah, Gubernur Jatim pun memberikan amanah kepadanya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Dua tugas berat itu pun mampu dijalankan Aries dengan sangat baik. Selama setahun, Aries pun tak hanya duduk di kursi walikota, tapi ia pun turun ke lapangan mengatasi persoalan-persoalan masyarakat. Soal infrastturktur jalan, soal banjir, bahkan soal sampah yang sempat menasional.

Namun Aries mampu mengorkestrasi semua stakeholder di Kota Batu untuk mengatasi persoalan sampah. Penutupan TPA Tlekung oleh warga memaksanya membuat kebijakan baru: mengolah sampah dari rumah. Dan setiap desa/ kelurahan wajib mempunyai TPS3R. Kebijakan ini yang juga harus dikawal ketat. Sebab anggaran sudah dikucurkan sekitar Rp 400-500 juta masing-masing desa dalam mengelola sampah.

Tak hanya itu, tahun 2024 ini, tugas Aries tak mudah. Bukan hanya menjalankan fungsi melayani dan menuntaskan semua program yang sudah diprogramkan. Tapi juga memastikan seluruh rangkaian Pemilu 2024 14 Februari mendatang berjalan baik, lancar dan sukses.

Aries harus memastikan semua ASN di bawah Pemerintah Kota Batu dan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim netral. Tak ada pelanggaran yang dilakukan terkait dengan netralitas ASN terhadap pemilu. Ini penting karena itu salah satu tolak ukur kesuksesan sebagai Penjabat Walikota di tahun politik.

Dan yang lebih berat lagi, Aries juga harus menyiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Batu yang akan berlangsung pada September-Oktober 2024. Tentu semua persiapan menuju ke sana harus disiapkan dari sekarang. Karena ada dua agenda besar yang sudah di depan mata.

Dua agenda politik yang tak hanya butuh perhatian dan konsentrasi penuh, tapi juga rawan. Pemilu di Kota Batu sukses dan Pilkada juga sukses, aman terkendali. Target itu yang menanti Aries di 2024.(*)     

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img