spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img

Wow, 4925 Personel Amankan Derbi Jatim

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Skuad Singo Edan Masih Persiapan
di Bali hingga Hari Ini

MALANG POSCO MEDIA, SURABAYA – Pengamanan ekstra siap diberikan dalam derbi Jatim antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC yang bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (23/9) besok. Sebanyak 4.925 personel gabungan bakal mengamankan pertandingan pekan 13 BRI Liga 1 2023/2025 tersebut. Jumlah itu naik nyaris empat kali lipat ketimbang pengamanan di laga-laga biasa.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto mengatakan,  Polda Jatim akan melakukan pengamanan ekstra menyambut laga super big match tersebut. Pengamanan ekstra ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya ancaman-ancaman kamtibmas dari masyarakat, mengingat gengsi kedua suporter yang besar dan rentan menimbulkan kericuhan.

“ Ada 4.925 personel gabungan TNI, Polri dan Pemkot Surabaya bakal melakukan pengemanan terkait laga derbi tersebut. Jadi kami melakukan pengamanan melibatkan personel maksimal. Laga sebelumnya personel tidak sampai 1.000, kali ini kami maksimalkan hampir 5 ribu,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, Kamis (21/9/2023) kemarin.

Menurut dia, jumlah personel itu secara teknis tak hanya di area stadion saja. Akan tetapi akan disebar ke beberapa titik seperti di area perbatasan yang akan dilakukan penyekatan mengantisipasi adanya suporter Arema yang datang ke Surabaya. Kemudian akan dilakukan operasi miras agar tidak masuk ke dalam stadion.

Dia juga mengingatkan kepada suporter Arema FC dimanapun berada agar juga menaati perjanjian yang telah dibuat pada tahun 1996, di mana suporter tidak saling kunjung. Selain itu, kompetisi musim ini pun terdapat aturan bila suporter tamu tak boleh away.

Selain itu, Kombes Pol Dirmanto juga mengatakan nantinya juga akan ada pengamanan ekstra bagi tim Arema mulai perjalanan dari Malang, di penginapan, dan perjalanan pulang pascapertandingan. “Jadi hasil rakor kemarin di semua mekanisme proses laga nanti mulai di tempat tinggal pemain Arema maupun Persebaya kita jaga dan kami kawal pergi pulang,” jelasnya.

Demi keamanan semua, Kombes Pol Dirmanto berpesan pula kepada suporter tuan rumah yang akan hadir dapat menyaksikan pertandingan dengan baik sesuai aturan yang ada. “Saya imbau agar masyarakat mencintai sepak bola dengan menonton sesuai aturan berlaku, kalau tidak ada tiket ya jangan nonton,” tambah dia.

Di sisi lain skuad Arema FC terus bersiap untuk menghadapi laga melawan Persebaya Surabaya. Anak asuh Fernando Valente tersebut fokus menjalani persiapan di Pulau Dewata Bali.

Sampai h-2, Dendi Santoso dkk berlatih di kawasan Badung. Bahkan, tim masih memiliki jadwal berlatih hingga Jumat (22/9) hari ini atau di H-1 pertandingan. Menurut Valente, kondisi timnya kian membaik.

“Dari hari satu ke hari berikutnya kami semakin baik. Sekarang kami mulai fokus menghadapi laga lawan Persebaya,” kata dia. (ley)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img