spot_img
Saturday, May 18, 2024
spot_img

1026 Maba ITSK RS. dr. Soepraoen Ikuti PKKMB; Mantapkan Mental dan Wawasan Kebangsaan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Beruntung menjadi mahasiswa Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITSK) RS. dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya Malang. Sejak awal mereka menjadi mahasiswa sudah mendapat banyak bekal berharga.

Baik yang berkaitan dengan wawasan maupun kesiapan mental dan fisiknya. Itu karena ITSK Soepraoen berbeda dari kampus-kampus lainnya. Mahasiswa Baru di kampus ini mendapat pembinaan mental, dan juga wawasan kebangsaan.

Seperti pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), pekan lalu. Kegiatan ini digelar empat hari sejak Senin (29/8). Dianjurkan di hari kelima, PKKMB untuk mahasiswa alih jenjang.

Kamis (1/9) lalu, hari terakhir PKKMB mahasiswa jalur reguler. Rektor ITSK Letkol. Ckm Arief Efendi, SMPh., SH., S.Kep., Ners, MM., M.Kes menutup secara resmi kegiatan awal tahun akademik tersebut.

Kepada Malang Posco Media, Wakil Rektor 3 ITSK RS. dr. Soepraoen Mayor CKM. Elvianto Wihatno, S.Pd., M.Kes menjelaskan pentingnya PKKMB. Menurutnya lingkungan kampus dan budayanya berbeda jauh dengan SLTA. Interaksi, komunikasi hingga model pembelajarannya berbeda. “Karena itu perlu adanya momentum untuk mahasiswa baru mengenal lebih dulu sebelum mereka menjalankan tugas studi.
Sebab dinamika perguruan tinggi lebih diberikan kebebasan pola pikir dari pada SMA,” katanya.

PKKMB sendiri, kata dia, memiliki tujuan pengenalan lingkungan kampus. Di ITSK RS. dr. Soepraoen memiliki ciri khas. Mahasiswa baru digembleng untuk tidak hanya siap mental, tetapi juga wawasannya. “Dengan PPKMB ini harapan kami mahasiswa baru sudah mempunyai wawasan kebangsaan, bela negara dan pemahaman bahaya radikalisme,” terangnya.

Ciri khas lain dari ITSK RS. dr. Soepraoen adalah pendidikan yang diperkuat dengan budaya militer. Itu tidak lain karena perguruan tinggi ini dibina oleh TNI AD. Tidak heran jika mahasiswa ITSK memiliki sikap disiplin, ketegasan dan kecekatan.

“Karena di lingkungan militer disiplinnya sudah begitu tertata. Kami tanamkan itu sejak di awal (PPKMB). Berbeda kemasannya dengan kampus lain,” imbuhnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, PPKMB Tahun Akademik 2022-2023 dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 3 ITSK RS. dr. Soepraoen Mayor CKM. Elvianto Wihatno, S.Pd., M.Kes.

Pembukaan secara simbolis dilakukan dengan pemasangan atribut kepada peserta PKKMB di lapangan RS. dr. Soepraoen, Senin (29/8). Diikuti sebanyak 776 mahasiswa baru jalur reguler. Sementara 250 mahasiswa baru alih jenjang dilaksanakan Jumat (2/9).

Dalam amanatnya, Elvianto menyampaikan kegiatan PKKMB akan membantu para mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus ITSK RS. dr. Soepraoen. Serta dapat membentuk pola pikir peserta untuk menjadi mahasiswa.

“Perguruan Tinggi berbeda dengan SMA. Maka PKKMB ini mengenalkan lebih dekat pada mahasiswa baru kehidupan kampus yang bercorak ilmiah, berpikir analitis dan sistematis,” katanya.

Selain itu, kata Elvi, PKKMB memberikan bekal dan wawasan kepada mahasiswa baru sebelum mereka menjalankan aktivitas kampus yang penuh dengan dinamika dan dialektika perkuliahan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menghadapi persoalan secara riil, menggali bakat dan minat untuk menghadapi era baru pendidikan, dengan kreativitas dan inovasi gotong royong,” terangnya.

Tidak lupa Elvianto juga menyampaikan selamat atas bergabungnya mahasiswa baru di kampus ITSK RS. dr. Soepraoen Malang. “Selamat datang dan selamat bergabung dengan ITSK RS. dr. Soepraoen Malang. Semoga kegiatan ini memberikan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat,” ucapnya. (sir/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img