spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Tingkatkan Sinergitas Pengawasan Orang Asing, Kantor Imigrasi Malang Laksanakan Rapat TIMPORA Kota Batu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Kantor Imigrasi Malang menggelar rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing di Kota Batu, Rabu (24/8). Kegiatan yang dilaksanakan di Batu Suki Hotel dihadiri oleh seluruh instansi yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing Kota Batu.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Seksi Inteldakim, Aurizal W. Hakim. Dalam sambutannya, Aurizal menyampaikan pentingnya rapat koordinasi TIMPORA sebagai wadah untuk sharing dan bertukar informasi terkini tentang pengawasan terhadap keberadaan orang asing.

Aurizal juga bersyukur rapat TIMPORA Kota Batu tahun 2022 dapat dilaksanakan langsung tatap muka mengingat tahun lalu rapat diselenggarakan secara daring lewat aplikasi zoom.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi serta diskusi tentang permasalahan-permasalahan yang timbul dalam pengawasan orang asing di Kota Batu.

Dalam diskusi ini dipandu oleh Kepala Subseksi Intelijen Keimigrasian Harsya Wardhana Soebagyo. Suasana hangat dan santai tercipta dalam diskusi banyak pertanyaan dan saran yang disampaikan oleh peserta diskusi seperti Ibu Dewi perwakilan dari BNN Kota Batu agar lebih ditingkatkan lagi sosialisasi melalui media sosial tentang pengawasan orang asing.

Ibu Yuliana Pandin dari perwakilan dari Dispendukcapil Kota Batu bertanya apakah bisa dari Dispendukcapil meminta data perihal orang asing dari imigrasi yang nantinya digunakan untuk krosscek dengan data yang dimiliki oleh Dispendukcapil Kota Batu.

Menanggapi hal tersebut Aurizal dan Harsya kompak menjawab sangat bisa, asalkan ada surat permintaan secara resmi dari Instansi yang membutuhkan data tersebut.

Pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 juga dilakukan kegiatan operasi gabungan oleh TIMPORA Kota Batu yang dilaksanakan dua hari di Jatim Park Group dan SMA Selamat Pagi Indonesia.

Dalam operasi gabungan tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian. Dengan adanya kegiatan rapat Koordinasi TIMPORA dan Operasi Gabungan diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antar instansi dalam hal pengawasan keberadaan orang asing. (*/nda)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img