spot_img
Monday, July 22, 2024
spot_img

Terbaru, Android 15 Bisa Lacak Ponsel Pintar Walau Gawai dalam Kondisi Mati

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Pada ponsel pintar dengan sistem operasi Android fitur “Find My Phone” sebagai fitur pelacakan selama ini memang sudah bukan hal baru. Bahkan, sering dimanfaatkan apabila pengguna mencari ponselnya.

Meski demikian ada satu kekurangan dari fitur pelacakan tersebut, yaitu tidak bisa digunakan apabila ponsel dalam keadaan mati.

- Advertisement -

Laporan Gizmochina, Minggu (17/3), menyebutkan hal itu mungkin tidak lama lagi akan terpecahkan dengan adanya Android 15.

Disebutkan bahwa lewat Android 15, Google berupaya mengatasi masalah itu dengan memperkenalkan Powered Off Finding.

Pertama kali ditemukan oleh Android Police, pada dasarnya sistem aplikasi itu bekerja dengan menyimpan suar Bluetooth yang telah dihitung sebelumnya di dalam memori pengontrol Bluetooth.

Hal itu terdengar menarik namun masih mengalami kendala yaitu dibutuhkan perangkat keras khusus agar perangkat dapat memberi daya pada pengontrol Bluetooth sehingga dapat berfungsi bahkan ketika ponsel benar-benar mati.

Oleh karena itu, mungkin diperlukan sedikit cadangan baterai agar fitur ini dapat beroperasi. Rumor awal menyebutkan bahwa fitur ini mungkin debut di Pixel 9,namun terbaru disebut fitur ini mungkin hadir juga pada Pixel 8 apabila diperbarui sistem operasinya menjadi Android 15.

Selain persyaratan perangkat keras, upaya rekayasa perangkat lunak yang signifikan juga diperlukan untuk mendukung Bluetooth Finder HAL (Hardware abstraction layer).

Pengguna harus memastikan bahwa mereka telah memperbarui ke Android 15 dan memiliki sistem “Find My Device” dari Google versi terbaru.

Belum diketahui apakah fitur ini akan hadir di ponsel merek lain namun untuk ponsel Pixel dapat dipastikan fitur ini tidak akan hadir di seri-seri lama seperti Pixel 7 dan Pixel 6.

Ada kemungkinan fitur ini dapat diperluas ke perangkat lama tertentu di masa mendatang, terutama untuk model kelas atas terkini seperti Pixel Fold.(ntr/nug)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img