spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Ilza dan Kimiko Terpilih Jadi Kakang Mbakyu 2023

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Kakang Ilza dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Mbakyu Kimiko dari Universitas Bina Nusantara ditetapkan menjadi Kakang Mbakyu 2023. Keduanya mendapat tugas berat sebagai duta pariwisata Kota Malang setelah sukses memperoleh penilaian terbaik dari dewan juri saat Grand Final Kakang Mbakyu yang digelar di Gedung Malang Creative Center (MCC), Minggu (17/9).

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang Baihaqi menyampaikan, para pemenang ini, sesuai pakemnya, telah diseleksi secara ketat sebelumnya. Baihaqi menyebut, ini dilakukan karena Kota Malang selalu diperhitungkan di tingkat lebih tinggi, baik provinsi maupun nasional.

- Advertisement -

“Sehingga kami berharap Kakang Mbakyu di tingkat kota ini nantinya bisa bersaing dan menjadi yang terbaik di tingkat lebih tinggi nantinya dan benar benar menjadi duta wisata yang bisa mempromosikan dan memperkenalkan pariwisata di Kota Malang,” ujar Baihaqi.

Seperti diketahui, para Kakang Mbakyu ini telah menjalani serangkaian seleksi dan karantina yang ketat sejak Juli lalu. Keduanya sukses mengalahkan 203 peserta lain yang juga punya talenta luar biasa. Banyak tahapan juga yang telah dilalui hingga didapatkan 10 finalis, lalu menjadi 5 finalis dan mengerucut lagi 3 finalis pada malam kemarin.

Untuk Wakil 1 Kakang Mbakyu 2023 didapatkan oleh Kakang Alfath dan Mbakyu Seliya dari Universitas Brawijaya. Sementara untuk Wakil 2 Kakang Mbakyu 2023 didapatkan oleh Kakang Ghaniy dari Universitas Islam Malang dan Mbakyu Carissa dari Universitas Brawijaya.

Selain juara Kakang Mbakyu 2023, juga ada kategori atribut. Dalam hal ini, Kakang Irdam dan Mbakyu Aca yang berasal dari Universitas Brawijaya terpilih sebagai Kakang Mbakyu Favorit. Lalu untuk Kakang Mbakyu Persahabatan terpilih Kakang Gerald dari Universitas Brawijaya dan Mbakyu Wulan dari Universitas Negeri Malang. Sedangkan untuk Kakang Mbakyu Intelegensia berhasil didapat Kakang Satria dari Universitas Brawijaya dan Mbakyu Sekar dari Universitas Airlangga.

Lebih jauh, Baihaqi menyampaikan, tema Kakang Mbakyu kali ini adalah Adikarya Kutho Malang yang berarti bahwa Kota Malang mempunyai karya yang luar biasa. Salah satu bukti nyatanya adalah dibangunnya gedung MCC yang merupakan kebanggaan masyarakat Kota Malang yang juga sebagai lokasi penyelenggaraan Grand Final Kakang Mbakyu.

Hal ini pas dengan talenta dan prestasi luar biasa dari Kakang Mbakyu. Menurut Baihaqi, Kakang Mbakyu sejauh ini juga selalu sukses meraih prestasi. Misalnya, ada dari Mbakyu yang berhasil menjadi Winner Miss Universe 2023. Lalu Duta Bahasa Jawa Timur Favorit 2023, Putra Duta Lantas 2022, Wakil 1 Raka Jawa Timur 2022 hingga Raki Berbusana Terbaik 2022.

“Ini menunjukkan Kota Malang tidak kurang dari SDM yang luar biasa,” tegas Baihaqi.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan, tema Adikarya Kutho Malang dalam Kakang Mbakyu ini luar biasa karena berarti karya agung yang harapannya futuristik.

Kepada para Kakang Mbakyu, Sutiaji berharap agar selalu optimis dan mampu untuk menghasilkan karya yang lebih bagus lagi. Menurutnya tidak ada kata tidak bisa asal ada kemauan.

“Di tahun berikutnya ayo kita berkarya dengan karya yang mana punya getaran yang lebih luas. Tidak hanya Indonesia tapi juga dunia,” tutupnya. (ian/jon/adv)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img